ANALISIS PEMILIHAN BISNIS FRANCHISE MAKANAN ASING DI SEMARANG

KURNIAWATI, NIKE (2010) ANALISIS PEMILIHAN BISNIS FRANCHISE MAKANAN ASING DI SEMARANG. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
06.30.0066 Nike Kurniawati COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
06.30.0066 Nike Kurniawati BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0066 Nike Kurniawati BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0066 Nike Kurniawati BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0066 Nike Kurniawati BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text (BAB V)
06.30.0066 Nike Kurniawati BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0066 Nike Kurniawati DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Franchising (pewaralabaan) pada hakikatnya adalah sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat. Bisnis franchise makanan asing di Indonesia berkembang dengan cepat. Beberapa faktor yang mendorong pertumbuhannya adalah ciri-ciri dari franchise itu sendiri. Meningkatnya daya beli, tersedianya sumber daya dengan keahlian yang dibutuhkan, return on investment yang tinggi serta faktor internal seperti motivasi, kepribadian yang terbuka serta perubahan gaya hidup. Di Semarang sendiri, ada beberapa bisnis franchise makanan asing yang terkenal dan populer seperti: McDonald, KFC, CFC, Pizza Hut, Bread Talk, J.CO, Dunkin Donuts. Maka hal ini menjadikan peneliti tertarik untuk menganalisis tentang bisnis franchise makanan asing apakah yang paling menarik dan potensial saat ini. Fenomena yang menarik dibeberapa tahun ini yaitu makin tumbuh suburnya bisnis franchise makanan asing di Semarang. Kalau kita amati saat ini banyak sekali usaha baru yang sangat kreatif menawarkan berbagai jenis produk dan jasa, misalnya usaha makanan modern. Beberapa diantara mereka membuka gerainya di pusat-pusat pertokoan atau di jalan utama di lokasi yang strategis di tengah kota. Maka perumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apa bisnis franchise makanan asing yang paling potensial di Semarang?” Dalam setiap penelitian, rumusan tujuan harus sejalan dengan rumusan masalah penelitian dan persoalan penelitian yang diajukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bisnis franchise makanan asing yang paling potensial di Semarang. Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari sumber publikasi lain. Desain penelitian yang digunakan pada masalah ini adalah Studi Literature dimana data yang akan digunakan adalah data – data yang bersifat sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis adalah alat bantu yang digunakan untuk menyajikan daftar dalam bentuk yang lebih ringkas sehingga akan memudahkan bagi peneliti memberikan jawaban masalah yang telah dirumuskan baik yang bersifat deskriptif atau pengujian hipotesis Berdasarkan pada hasil análisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Bisnis franchise makanan asing yang paling potensial di Semarang adalah Mc Donald dengan memenuhi kriteria baik dan tertinggi pada 4 aspek yaitu permintaan yang tinggi dari konsumen, ROI bisnis yang tinggi, peluang atau pangsa pasar yang luas, serta MSDM yang professional. Sedangkan saran yang dapat dikemukakan pada penelitian ini antara lain adalah sebagai berikut: (1) Sebaiknya para pengelola franchise Mc Donald semakin mempertahankan bisnisnya dan mengelolanya dengan sebaik-baiknya karena ternyata terbukti merupakan bisnis franchise makanan asing paling potensial di Semarang. (2) Untuk pengelola bisnis franchise makanan asing lainnya seperti KFC, CFC, Dunkin Donut, J.CO, Pizza Hut dapat meningkatkan xiii kekurangan mereka sehingga di kemudian hari dapat semakin meningkat kinerjanya Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pelayanan lebih profesional kepada konsumen, melakukan training kepada karyawannya, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 02 May 2016 06:24
Last Modified: 02 May 2016 06:24
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8724

Actions (login required)

View Item View Item