DEWI, HENY KARTIKA (2010) ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PADA TOKO ”HARTONO”, PATI MENURUT TEORI STALEY AND MORSE. Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi COVER.pdf Download (112kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) |
||
Text (BAB V)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
06.30.0065 Heny Kartika Dewi LAMPIRAN.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Pengembangan usaha menjadi sangat penting bagi perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya. Salah satu usaha yang memasarkan hasil produksinya adalah bisnis dengan skala menengah. Perkembangan bisnis ini terjadi karena besarnya peluang dalam bisnis yang dapat dilihat dari tingkat kualitas hidup masyarakat yang semakin meningkat dan keinginan untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Pengembangan usaha merupakan hal yang penting karena dengan adanya pengembangan usaha yang baik, maka akan semakin meningkatkan kinerja sebuah perusahaan, tidak terkecuali pada sebuah toko. Toko ”Hartono” merupakan salah satu toko bangunan yang berada di Pati. Berdasarkan perumusan masalah pada penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah pengembangan usaha pada Toko “Hartono” untuk meningkatkan daya saingnya ? (2) Bagaimanakah analisa pengembangan usaha pada Toko “Hartono” menurut teori Staley and Morse ? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengembangan usaha pada Toko “Hartono” untuk meningkatkan daya saingnya. (2) Untuk mengkonfirmasi pengembangan usaha pada Toko “Hartono” menurut teori Staley and Morse. Obyek penelitian ini adalah Toko HARTONO yang berlokasi di kota Pati. Alasan dipilihnya toko ini sebagai obyek penelitian adalah karena adanya persaingan yang semakin kompetitif di daerah tersebut sehingga dibutuhkan upaya untuk pengembangan usaha bagi Toko HARTONO. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini berasal dari responden yaitu pemilik Toko HARTONO. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Selain itu juga dilakukan pengumpulan data dengan metode observasi. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Pengembangan usaha pada Toko Hartono untuk meningkatkan daya saingnya dilakukan dengan meningkatkan daya saing di bidang toko bangunan (melalui promosi, perluasan area toko, menambah cabang, perluasan area gudang). (2) Alternatif pengembangan usaha dilakukan dengan meningkatkan daya saing di luar bidang toko bangunan dengan merambah ke dunia elektronik yang lebih lengkap, seperti: menjual televisi, home theatre, dan alat rumah tangga elektronik lainnya. Selain itu juga akan merambah pada pasar handphone. (3) Menurut teori Staley and Morse, pengembangan usaha pada Toko Hartono adalah sebagai berikut: (a) Berkaitan dengan sifat produk: Toko Hartono memiliki produk dengan produksi massal dalam jumlah besar seperti semen, keramik, dan ada juga produk dengan produksi khusus, jika ada pengiriman dikenakan ongkos kirim. Terkait dengan produk massal ini dank arena hanya sebagai distributor , maka pihak toko sebaiknya memperluas gudang dengan tujuan memperbanyak persediaan, dan membuka cabang baru dengan tujuan mempermudah konsumen mendapatkan barang yang diinginkan (convenience good). (b) Berkaitan dengan sifat/dinamika usaha: hubungan antara pihak toko dengan karyawan berjalan dengan baik, Toko Hartono memberikan pelayanan kepada konsumen baik dan komplain ditanggapi dengan cepat. Berdasarkan analisis SWOT dan observasi yang dilakukan oleh peneliti, saran yang dapat dikemukakan antara lain adalah: (1) Sebaiknya di masa mendatang Toko Hartono dapat memperluas area toko, area gudangnya dan menambah frekuensi promosinya. (2) Selain itu juga dapat melakukan training karyawan sehingga SPG lebih baik dalam melayani konsumen. (3) Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, maka pihak Toko Hartono dapat mengatasinya dengan membuka cabang toko untuk memudahkan konsumen menjangkau tokonya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Promotion and evaluation |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 02 May 2016 06:17 |
Last Modified: | 02 May 2016 06:17 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8723 |
Actions (login required)
View Item |