KRESNA, LUCKY (2005) ANALISIS KUALITAS JASA BUS PARIWISATA PADA PERUSAHAAN JASA PT. SINDORO SATRIAMAS SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.COVER.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
Text (BAB II (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text (BAB III (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
Text (BAB IV (available document only in library of Soegijapranata Catholic University))
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
||
Text (BAB V)
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
00.30.0083 Lucky Adi Kresna.LAMPIRAN.pdf Download (503kB) | Preview |
Abstract
Seiring dengan perkembangan ekonomi yang semakin pesat serta persaingan akan pertumbuhan ekonomi yang semakin ketat menyebabkan banyak munculnya usaha dalam berbagai sektor. Salah satu sektor yang turut berkembang belakangan ini adalah sektor jasa seperti misalnya komunikasi, transportasi, hiburan, kesehatan, pariwisata dan masih banyak lagi. Semakin berkembangnya usaha jasa tersebut, maka semakin ketat pula persaingan antar perusahaan jasa tersebut.Agar perusahaan jasa tersebut dapat bertahan dan bahkan berkembang dalam menghadapi persaingan, maka perusahaan jasa tersebut tidak hanya harus dapat memberikan apa yaang diinginkan oleh konsumennya, akan tetapi juga harus dapat membuat konsumennya merasa puas dengan apa yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Menurut Jhon Svioka ( Lupiyoadi, 2001 : 147 ) salah satu faktor yaang menentukan tingkat keberhasilan dan kualitas perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Menurut Kotler ( 2000 ) jika jasa yang dialami oleh pelanggan berada di bawah jasa yang diharapkan, maka pelanggan tidak berminat lagi terhadap penyedia jasa tersebut, jika jasa yang dialami oleh pelanggan memenuhi atau bahkan melebihi apa yang diharapkan oleh pelanggan, maka mereka akan menggunakan penyedia jasa itu lagi. Salah satu perusahaan jasa di Semarang adalah perusahaan jasa bus pariwisata PT. Sindoro Satriamas yang bergerak di bidang jasa transportasi pariwisata. Dalam penelitian ini, PT. Sindoro Satriamas dijadikan sebagai tempaat penelitian. Dalam perkembangannya, PT. Sindoro Satriamas menghadapi tantangan dan persaingan yang cukup ketat dari usaha sejenis. Kemudian dengan adanya kesadaran akan semakin ketatnya persaingan tersebut dan kesadaran untuk memberikan kepuasan kepada konsumennya, PT. Sindoro Satriamas ingin mengetahui apakah selama konsumen menggunakan jasa bus pariwisatanya, perusahaan tersebut sudah dapat memberikan kualitas jasa yang diinginkan oleh konsumennya, hingga kemudian PT. Sindoro Satriamas dapat bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Berdasarkan latar belakang tersebut dan kesadaran akan pentingnya kualitas jasa pelayanan bagi PT. Sindoro Satriamas dalam menarik sekaligus mempertahankan konsumennya, maka dilakukanlah penelitian dengan judul “ Analisis Kualitas Jasa Bus Pariwisata pada Perusahaan Jasa PT. Sindoro Satriamas”. Untuk mengetahui sejauh mana kualitas jasa yang diberikan oleh PT. Sindoro Satriamas kepada para konsumennya, maka PT. Sindoro Satriamas harus memperhatikan dua hal yang sangat berkaitan erat dan tidak dapat dipisahkan yaitu jasa yang telah diberikan oleh PT. Sindoro Satriamas dan apa yang diharapkan oleh konsumen dari PT. Sindoro Satriamas. Dari latar belakang tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan yang timbul adalah “ Bagaimana persepsi pengguna jasa bus pariwisata terhadap lima dimensi kualitas jasa pada perusahaan jasa bus pariwisata PT. Sindoro Satriamas? “. Adapun kelima dimensi kualitas jasa tersebut adalah bukti langsung ( tangible ), kehandalan ( reliability ), daya tanggap ( responssiveness ), jaminan ( assurance ), dan empati ( empathy ). Peneliti memilih melakukan penelitian di perusahaan tersebut sebab belum pernah dilakukan penelitian mengenai kualitas jasa yang telah diberikan oleh PT. Sindoro Satriamas. Adapun manfaat bagi perusahaan dari penelitian ini adalah untuk dapat memberikan masukan bagi pihak PT. Sindoro Satriamas Semarang sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi baru yang tepat untuk masa yang akan datang untuk dapat meningkatkan kualtas jasa pelayanannya. Obyek dari penelitian ini adalah pelayanan jasa yang telah diberikan oleh perusahaan jasa bus pariwisata PT. Sindoro Satriamas Semarang, sedangkan penelitian ini dilakukan di perusahaan jasa bus pariwisata PT. Sindoro Satriamas yang berlokasi di jalan Madukoro Raya No. 38 Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti memperoleh sampel dengan menggunakan teknik purposive accidentaal sampling dengan menggunakan jumlah total responden sebanyak 100 orang, dimana sampel tersebut adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa bus pariwisata PT. Sindoro Satriamas Semarang. Scoring yang dilakukan adalah dengan menggunakan skala Likert berating 1 – 5 dengan pernyataan sangat tidak setuju sampai sangat setuju. Kemudian dilakukan pengujian validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment, dimana hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS menunjukkan bahwa nilai korelasi dari masing – masing item mempunyai nilai r hitung lebih tinggi daripada r tabel ( N = 30 dan a = 5 % ), dimana perhitungan ini menunjukkan bahwa variabel yang diukur adalah valid. Uji reliabilitas dilakukan dengan rumus alpha dimana hasil dari perhitungan SPSS menunjukkan reliabel karena koefisien alphanya mendekati 1. Kemudian masing – masing dimensi kualitas jasa tersebut diukur dengan menggunakan rumus skor kualitas jasa ( Tjiptono, 2000 : 100 ) : Hasil dari perhitungan skor kualitas jasa tersebut kemudian dikategorikan berdasarkan pada rentang skalanya, yaitu : - 20 - 12 -4 4 12 20 sangat buruk buruk cukup baik sangat baik Dari hasil perhitungan skor kualitas jasa, kemudian dimasukan dalam kategori seperti tersebut di atas, maka akan diketahui tergolong ke dalam kategori apakah kualitas jasa dari PT. Sindoro Satriamas. Skor kualitas jasa dari masing – masing dimensi yang dihasilkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : bukti langsung = -0,25, kehandalan = -0,40, daya tanggap = -0,56, jaminan = -0,48, dan empati = -0,78. Kemudian dengan melihat nilai skor kualitas jasa secara keseluruhan sebesar –0,494 menunjukkan bahwa kualitas jasa pada perusahaan jasa bus pariwisata PT. Sindoro Satriamas tergolong dalam kategori cukup. Berdasarkan pada hasil penelitian di atas, dikemukakan saran yang diharapkan dapat membantu pihak PT. Sindoro Satriamas untuk dapat menyusun strategi baru yang tepat untuk masa yang akan datang untuk dapat meningkatkan kualitas jasa pelayanannya. Adapun saran – saran tersebut antara lain : · Sebaiknya PT. Sindoro Satriamas lebih memperhatikan kerapian seragam karyawan bus tersebut, sehingga para penumpang dapat merasa nyaman ketika berinteraksi dengan karyawannya. · Sebaiknya PT. Sindoro Satriamas harus lebih dapat memperkirakan ketepatan jadwal perjalanan, sehingga para penumpang tidak merasa dirugikan dari segi waktu. · Sebaiknya PT. Sindoro Satriamas dapat lebih lagi memperhatikan keluhan penumpang untuk kemudian keluhan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat. · Sebaiknya PT. Sindoro Satriamas dapat lebih lagi menyeleksi karyawannya pada bagian pemanduan wisata atau juga dengan mengadakan pelatihan ulang sehingga para penumpang merasa jelas mengenai apapun yang berhubungan dengan obyek wisata selama dalam perjalanan. · Sebaiknya PT. Sindoro Satriamas mengadakan pelatihan kembali pada para karyawannya agar dapat lebih berkomunikasi dengan baik dengan para penumpang selama dalam perjalanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Transportation Engineering |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 05:22 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 05:22 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8531 |
Actions (login required)
View Item |