Search for collections on Unika Repository

PENGARUH IMBALAN FINANSIAl DAN IMBALAN NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA SEMARANG

YUWONO, PRIANTYARSO (1997) PENGARUH IMBALAN FINANSIAl DAN IMBALAN NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA SEMARANG. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono COVER.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text (BAB V)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
91.30.1121 Priantyarso Yuwono LAMPIRAN.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Dampak dereguiasi yang memberikan kemudahan dan peluang bagi industri perbankan dan keuangan. tidak hanya membawa peluang yang.. me l ati~rkan i mpIiKa.s i keberhasilan dalam penserahan d ana masyarakat dan penamba h an jumlah kantor-kant or ban k . tetapi juga membawa implikasi lain berups tanta ngan-tantangan y ang harus dijawab o leh industri per bankan dan keuangan . apalag i dewasa ini perbankan sedang menehadapi era globalisas i tii mana ori ent aei keuang an. global terua meninekat dari p asar jas a Pe~9aingan bukan lagi an t ar bank, tetapi peFsainga bank deng6'n le-mbaga-lembaga k euangah ~ai nnya . Di sampin itu b ert ambahnya jt~lah bank dan jumlah kantor bank yang s edemi -i an pl.,~ sa tnya menghadapl persoa lan ~'ang sangat seriua, karena lan gkanya tenaga-tenaea profeaion al, lalu terj adl1ah sali ng bajak- membajak t.enaga profe s ional di an tara i~ustri p e rba nkan. Perekr u tan Im a l ifikasi seorang rofesional a ryawan dan mO~8. 1 y ang memeriuh i sebagai yang di c a nangkan ters e but tidak mudah~ b anyak fak t o r " yang pe r lu dipertimban g k a yang salah satll dian taranya adalah sistem imbalan yang aitawarkan kepada k ar yawan tersebut_ Salah satu penyebab yang d ominan terjadinya bajakme mbaj a k k a ryawan entar bank. di s inyalir mulai ma s a p a s ca Pakto 27 Tahun 1988 adalah herki s ar pada mas ala h imbalan yang ditawarkan oleh bank yang b e rsangkutan _ Pe-.ne liti tertarik untuk mengadakan p e ne litian mengenai mas alah sistem itnbalan. denBa n me ngambi I judul ~ ~ Pengaruh Imbalan Finansial dan Imbalan Non Finansial Terhada p Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Ce ntral Asia Kantor Cabang Utama Semarang ~ ~.~ Responden dalam pene!itian i 'n i adalah karyawan yang telah memiliki masa kerja lebih d.a't"i 1 tahun meliputi karyawan golongan non ~leric a l. clerjca~, non managerial dan managerial. A,lasan pengambilan responi:le n yang memil iki mcasa kerJ a lebih dari 1 tahun karena a-ryawan t,;rsebut eudah dapat diukur k i nerjanya, sehingga d a lam J:' Emgh itungan~ a tidak te r jadi bias. Jumlah r e sponden yang ditetapkan sebanyak 75 orang terdiri dar i 15 karyawan golongan non cler ical , 40 karyawan golonean clerical. 12 ~aryawan galongan non manageria l dan 8 karyawan go longan managerial. Metodologi y ng disunakan adalah Analisa Fakt or dan yang u yang imbalan Kor e l asi~egresi Linear Berganda. Analisa fakto dieunakan ini untu k menyelidik i be nt uk variabe l b~ diperolap melalui te.knlk p er.eduksian data. Pada iinansia ya.ng ilebih dari satu ada 4 Yo!l.itu Fl, F2 . F3 F4 pada i }jEllan finan eial ad,a l.w nilai variabe l manifeis yanB terbes a r maka dikataka bahwa Fl adalah Variab e l Laten Gaj 1. Sedangkan F2 dapat disebut sebagai Var iabel Laten Cuti Kerj a . Sedangkan F3 dapat disebut se'bagai Variabel Laten Bonus. Sedangkan F4 disebut s e bagai Variabel Laten Tu~ian& an. Se dangkan untuk pembe~ag nama bagi Fl, F2. F3, F4 pada 1mba a.n non -finansial adalah ni1ai vbriabe l manifes yang terbesar maka dikata kan b a hwa Fl di s ebut s ebagai Variabel Laten Supervisi . Sedangkan F2 dis ebut s ebagai Variabel Late n Pengemba ngan Ka rier .S ~ dangkan F3 disebut sebagai Variabel Laten Pengakuan. Sedangkan F4 disebut sebagai Variabel Laten Tugas Baru. Dalam penelitian ini untuk melakukan analisa regresi dan analisa korelasi menggunakan program komputasi Statistical Package for Social Science dengan menggunakan Hetode Backward_ Di dalam Metode Backward delapan variabel laten yang merupakan v ariabel bebas dan satu variabel terikat yaitu k i n e r.j a/prestasi karyawan dimasukkan kemudian paaa v ar iabel becas diperoleh 4 variabel laten yang di terima dan 4 variabel l aten yang ditolak. Vari abel laten yang dite.rima adalan FB Fl. F2,FS. Analisa Regresi Linear Berganda pacta penelitian ini menggunakan program komputasi Stastical ackage f r Social..science (SPSS) dengan He..t ode Backward. Kesimpul"an dari hasil p e ngo l ahan program k o mputasi SPSS menunjukkaq bahwa -Ada pen garuh yang 8 ignifikan variabel finansial dan uJDbalan non finans:Ia.l terhadap karyawan ~. srr.~n yang diberi)tan pene""1.i ti adalah Fak1jor Gaj i ~ Cuti JS:e:r;.-ja, Pengal!u..an dan Tugas BeTU ter}lyat a sanga menentuk&n dalam fll,eningkatl!an kinerja karyawan pada pinaw Bank BC}1 Kant.o:c Cabang Utama...., ;op"""fhak mana ,)emen per ] memberi pel'hatian pada keem:Qat faktor dominan tersebut. Perhatian yan~diberikan pihak manajemen pada ¥ mpat faktor dominan hersebut akan membawa dampak yang luas bailt bagi karyawan maupun perusahaan _ ~ampak yang dirasakan oleh a ryat-J"an yaitu peningkatan proQuliltivitas mereka secara optimal, iO-· clikarenakan adanya kombinasi dari pember ian kompensasi yang layak atas kinerja mereka . pengakuan yang diberikan pihak manajemen terhadap mereka dan program pengembangan karier yangbaik . S~danekan dampak yang dirasakan oleh perusahaan adalah loyalitas karyawan yang tinggi sehingga turn over karyawan rendah , return of investment yang tinggi dari investasi sumber daya manusia akibat dari loyalitas karyawan yang tinggi dan memberikan ~itra yang baik pada p e rusahaan baik dari segi finansial maupun non finansial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Banks
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Lucius Oentoeng
Date Deposited: 22 Mar 2016 07:41
Last Modified: 22 Mar 2016 07:41
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8145

Actions (login required)

View Item View Item