PRASETYA, DIDIT BUDI (1997) KAJIAN PENERAPAN RETAILING MIX PADA TOKO ISTANA DI PURWOKERTO. Other thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text (COVER)
91.30.1016 Didit Budi P COVER.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
91.30.1016 Didit Budi P BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1016 Didit Budi P BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
||
Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1016 Didit Budi P BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
91.30.1016 Didit Budi P BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
||
Text (BAB V)
91.30.1016 Didit Budi P BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
91.30.1016 Didit Budi P DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
91.30.1016 Didit Budi P LAMPIRAN.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Oalam perekonomian dewesa ini sebagien produsen tldel( menjual lengsung baranltberang rnereka kepada para pemakei skhlr. Produsen memerluken seluren dlslrlbusl ateu perentera dalam memasarkan produknya agar dapet dlkonsumsi oleh para konsumen. Perantara itu antara lain pedagang eeeran. Pedagang ecera" dapat dlkelakan sebegel male ranlai lerakhlr dalam saluran dlstribusl lersebut unluk menyampaikan produk yang dihasilkan oleh produsen kepada konsumen. Fungsi pedagang eceran merupakan kegiatan yang sangel penting, kerona berkansn erat dengan pemuasen konsumen akhir. Usah8 eceran pade S8et lnl mengalami perkembangan yang sengal pesat. Seniuk ussha eceren baru akan leTus bermunculan untuk memenuhi kebutuhan baru konsumen. Hal Inl seeere langsung akan menimbulkan persalngan antI(, pedagang eceran. Persaingan yang terJadi disebabkan kaTena banyaknya pedaganQ eeers" yang menjual produk sejenis, dan dianlar. mereke sellng beriomba dalam upaya ",enarik konsumen sebanyak mungkfn agar dalang/berkunjung dan membeli di (okonye. Demikian juga delam usaha bisnis eeeran bareng-berang elektronlk, soiring dengan kemajuan pembengunen dan teknologl berdampak semakin meluasnya pengguna.n barang-berang eleldronik. Hal InIlidek lerlepas den lunlulan masyarakat delam mencan kemudahBn-kemudahen dan mencarl sarena hlburan melalui media eleldronlk. Persalr.gan dl bidang usaha ecereo (relaiQ yang sema~in kelal dewesa Ini menunlul plhrk menajemen perusahaanJloko dapa menerepkan stralogl eleiling m secara lepII, dalam ari; dapat memue.kan kebutuhan konsumen. Penyngnya penerapan retailing mix yang lepal lersebul periu dllekukan oloh toko I sI.~a dl Purwokerto menglngal loko lersebut sal!! inl menghedapl pennasalahan yallu wal" upun penjualonnya .emaldn meningkattetep; IIngkel leeramaian kunjungen konsumen apablla dibandingkan dongan loko ece",n peselng. kelah ramal. Oleh sebeb lIu penelilian relalllng mix yang dilerapkan oleh loko Islone dan bagaim0\'P sikap kons en temadap retailing mix yang di!erapken toko l51en8 sangal menarik unluk ditelili. Retailrng mix sendiri adelah sualu komblns9i dari barenp-barang dagsll9an. harga, pelayanan, dan usaha-usahe promosi yang dilekukan oIeh suatu perusahaanirelalierAoko, unluk menyediaken bereng-berang konsums; beg; konsumennya ( HarileY'1 1989: 106 ). Menurut Hartloy, alasan mengaRa seorang konsumen cenderung 1)e"'~1anj8 dl loko lerienlu, dapel dinyatakan delam enam airibul yang merupaken kO"-lUelai\ing mix. Alnbul yang perlama adalah kenyemonan berbelanja, dalam pandangan konsumen kenyamanan berbelanja melibatkan waktti dan temps! ysng dlsedlBkan oJeh retailernoko dBn ektivitas yang dilakukan oJeh konsumen selama berbelanja. Fasilila. yang disodiakan oleh relailerAoko dlmana pembeli dapal be"'elanja leblh santal. sarana parklr yang memadai.lokasi yang slrategls dan mudah dlJangkau serta (aslllias penunjang lain merupaken salah .elu perilmbengan begl konsumen untuk berbeJanja ke sebuah toko. AI~but kodua keanekaragaman barang dagangen. alrlbUI Inl menyangkul duo hel, yeilu IIngk.1 keluasan jenis dan lingkat kedal.man jenls. Tingkal kelua.an jeni. mengarah pade kelersedlaan dan ragam barang yang diJual dan kegunaannya. Tingkal kedalaman jenis mengarah pada ketersediaan dan ragam pilihan warne, model. ukuran dan harga.Ketiga mutu dan fashion level barang dagangan, yang dimaksud dengan kualitas produk adalah cin sustu produk yang berhubungsn dengan daya tahan, kemampuan produk terse but untuk mernenuhi kebutuhen yang menghasilkan kepuasan bagi konsumen pemakainya. Fashion leYel barang adalah barang yang dijual mampu unluk mengikuti perubahan mode barang. Keempal herga, adalah nilei sustu barang alsu jsss yang ditukar dengan sejumlah uang, dimana dengan nilai fersebut seseorang alsu perusahaan bersedia melepasksn bsrang alau jasa yang dimilikinya kepada pihak lain. Alribut kelima adalah pelayanan. yaitu jasa yang dlsediakan oleh retailer terhadap konsumen, sehingga konsumen me~as a mendapat perhatian dan pede gilirannya akan berpengaruh pade kepu8san konsumen. Pengelahuan dan keramahan paramuniaga juga merupakan kunci dan kesuksesan usaha eeeran. Pertu menjadi perhatian juga pengantaran barang sampai ke rumah dan lersedianya garansi terhadap barang yang di beli. Keenam adaleh daya larik toko dan promosi, yaitu usaha yang dilakukan oleh sUBlu dBIBm rBngka menBrik perha1ian pembelL Daya larlk toko dapal dRaleukan melelul window display alsu etalase. Cara lain adalah dengan memberikan hadiahhadiah peda slBat-ssat terten\u. Retailer juga perlu melakukan promosi agar toko menjadi populer dan dikenal. misalnya memasang iktan di radio atau melalui media lainnya. Penelitian ini dibalesi pade penerapan relailing mix yang dilaksanakan oleh toko Islana di Purwokerto dan sikap konsuli'ten 1erhadep penerapan retailing mix di' loko tersebul Slkap merupakan suatu komponen yang tidak lampak jelas dan sulit untuk diobservasiken seeare langsung. Pengukuran sikap daJam pemasaran dopal dikatakan leblh suln dan metibatkan skala-skala pengukuran yang leblh rendan kelepetan?ya dibandlng dengan pengukuren delam IImu okaalda. J Sjkap sendiri menurut Osgood adalah suatu perasaan se eorang unt mendukung aleu memihak maupun perasssn lidak mendukung atau tidak memihak pada sualu obyek lertenlu (~ar, 1995: 50). Dengan kal. lain slkap bla. anya memberikan penilaian terhadap obyek yang dihadapinYB. Sikap ini dilakukan (fan pandangannya terhadap obyek baik berdasarkan proses belajar, pengalaman pribadi, penQaruh orang lain yang dianggap penling, kebudeysan. media massa, pendidlkan agame, atau faldor emosional. Salah salu metode pengevaluasian sikap terhadep sustu obyek yang memiliki beberapa atribut adalah dengen dengan menggunakan Mul1iaUribute AUitude Model (MAM). Populasi dalsm penelitiao ini ditentukan berdasarkan dengen rata-rata konsumen yang berkunjung dan membeli di toko Istana dalam sebulan. Delam satu hari rete-rete toko Is(ana dikunjungt 20 orang. jadI dalam selu bulen rata-rata toko Islana dlkunjungl 600 orang. Sampet yang di amb" . ebanyak 100 orang dengan lehnik purposive random sampling. Dala yang diperoleh di analisis melslui analise deskriptlf sert. MulllaUrlbute Atlilude Model (MAM). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dala, depot ditarik kesimpulan sebagai benkul : pertama, toka lsi ana telah berusaha melakukan strategi pemasaran barang elektroniknya sebaik mungkin sesuai dengan konsep retailing mix. KeduB, konsumen mempunyai sikap yang positif terhadap penerapan retailing mix seeara keseluruhan pada toka Islana di PUlWakerto. Ini berarti menunjukan bahwa roka Islana dapat mela.yani konsumenya dengan baik, serta menunjukan penerapan reluiling yang cukup baik pula sehingga dapat memuaskan kebuluhan dan keinginan konsumen akan barang elektronik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics > Financial Economics > Stocks |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Lucius Oentoeng |
Date Deposited: | 22 Mar 2016 07:36 |
Last Modified: | 22 Mar 2016 07:36 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/8120 |
Actions (login required)
View Item |