CAHYANINGTYAS, TIRZA MEYRISTA (2014) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA. Other thesis, Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas COVER.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
Text (BAB II)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
Text (BAB III)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
Text (BAB IV)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (BAB V)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
||
Text (BAB VI)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
10.40.0043 Tirza Meyrista Cahyaningtyas LAMPIRAN.pdf Download (529kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empirik hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar pada siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian yaitu terdapat hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar pada siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kemandirian belajar dan skala pola asuh demokratis. Subjek berjumlah 61 orang yang merupakan siswa SMK Tlogosari Semarang. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis didapatkan rxy= 0,457 dengan p<0,01 yang menunjukkan ada hubungan positif dan sangat signifikan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian belajar pada siswa. Semakin demokratis pola asuh orangtua maka semakin tinggi pula kemandirian belajar pada siswa. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Pola asuh demokratis memberikan Sumbangan Efektif (SE) sebesar 20,90 % , sisanya sebesar 79,1 % untuk factor-faktor kemandirian belajar yang lain, seperti gen atau keturunan, pola asuh orangtua, usia, pendidikan, urutan kelahiran, jenis kelamin, inteligensi, dan interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Aug 2015 11:20 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 07:03 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/790 |
Actions (login required)
View Item |