Kurniawan, Eveline (2007) PREFERENSI, TINGKAT KONSUMSI DAN KERAGAMAN PERSEPSI SENSORIS DARI PRODUK TOFFEE DI KALANGAN SISWA-SISWI SMU SEDES SAPIENTIAE, SEMARANG. Other thesis, Program Studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
04.70.0025 Eveline Kurniawan COVER.pdf Download (198kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
04.70.0025 Eveline Kurniawan BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (BAB II available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
04.70.0025 Eveline Kurniawan BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
Text (BAB III available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
04.70.0025 Eveline Kurniawan BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text (BAB IV available document only in library of Soegijapranata Catholic University)
04.70.0025 Eveline Kurniawan BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
Text (BAB V)
04.70.0025 Eveline Kurniawan BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.70.0025 Eveline Kurniawan DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
04.70.0025 Eveline Kurniawan LAMPIRAN.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Kembang gula merupakan bahan makanan yang dibuat dari gula pasir (sukrosa), air atau campuran gula pasir dengan gula jenis lainnya. Produk kembang gula yang banyak beredar di tengah masyarakat salah satunya adalah toffee. Toffee merupakan produk low boiled candy yaitu permen yang dimasak pada suhu 116-128oC yang mempunyai tekstur empuk dan mudah digigit dengan kadar air antara 8 - 10 %. Kebiasaan mengkonsumsi kembang gula ini sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Usia adalah salah satu variabel yang sering digunakan dalam pemasaran karena usia merupakan salah satu faktor yang paling berguna untuk menentukan motivasi dan minat. Kebiasaan konsumsi seseorang sangat ditunjang oleh kriteria mutu seperti faktor-faktor fisik produk tersebut seperti warna, bentuk, ukuran dan tekstur. Penelitian dilakukan di SMU Sedes Sapientiae Semarang dengan kategori usia remaja. Remaja merupakan peralihan dari masa anakanak ke dewasa, dimana umumnya paling mudah terpengaruh pada perubahanperubahan dalam pola konsumsi makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi, tingkat konsumsi dan persepsi produk toffee di kalangan murid SMU Sedes Sapientiae Semarang serta kaitannya dengan karakter fisik dan sensoris produk. Pada penelitian ini digunakan kuesioner sebagai alat untuk mengetahui preferensi, tingkat konsumsi dan persepsi sensoris. Dari hasil penelitian, diperoleh tingkat konsumsi produk toffee oleh responden perempuan lebih tinggi daripada responden laki-laki. Sedangkan 5 merk yang dipilih oleh responden adalah Sugus, Fruitella, Chox, Kino, and Station Rasa. Pemetaan dari data persepsi sensoris dilakukan dengan metode Cluster Analysis untuk menghasilkan dendogram yang menunjukkan hasil klaster antar variabel yang terbentuk dari masing-masing merk produk toffee. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil variabel overall yang selalu berasosiasi dengan variabel rasa. Sedangkan variabel hardness selalu berasosiasi dengan variabel chewiness. Variabel rasa dan tekstur diharapkan mendapat perhatian khusus dalam pembuatan suatu produk toffee. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pelaku industri pangan, terutama produsen pangan untuk membuat produk baru yang sesuai dengan selera masyarakat pada umumnya dan kelompok remaja khususnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering > 664 Food technology |
Divisions: | Faculty of Agricultural Technology > Department of Food Technology |
Depositing User: | Mr Ign. Setya Dwiana |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 01:50 |
Last Modified: | 18 Dec 2015 01:50 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6959 |
Actions (login required)
View Item |