VIJSMA, DERTHA MONICA (2015) PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL UNTUK PERUBAHAN PERILAKU PEDAGANG DALAM STUDI KASUS PASAR BULU SEMARANG SEBAGAI UPAYA PEREMAJAAN PASAR. Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata.
|
Text (COVER)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA cover.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.13.0078 DERTHA MONICA VIJSMA daftar pustaka.pdf Download (122kB) | Preview |
Abstract
Pasar tradisional merupakan pasar yang berperan penting dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan memiliki keunggulan bersaing secara alamiah, dan keberadaan pasar tradisional sangat membantu, tidak hanya bagi pemerintah daerah tetapi juga bagi penduduk sekitar, karena didalam pasar tradisional memiliki banyak orang yang menggantungkan hidup mereka untuk kesejahteraan mereka baik itu pedagang, pembeli, pekerja panggul dan sebagainya. Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 237 juta jiwa dengan total konsumsi sekitar Rp3.600-an triliun mulai bergeser, dari berbelanja di pasar tradisional menuju pasar ritel modern. Tenggelamnya pasar tradisional yang membuat banyak pengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, mengakibatkan pemerintah Indonesia harus turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Revitalisasi pasar tradisional adalah program yang di buat oleh pemerintahan tahun 2015 ini sebagai jalan untuk menyelamatkan pasar tradisional dari himpitan pasar modern, sehingga banyak komponen-komponen utam a pasar tradisional, salah satunya pedagang yang memiliki mata pencaharian utama di pasar tradisional terselamatkan. Namun upaya pemerintah kurang didukung adanya sosialisasi pendidikan untuk bisa bersaing dengan pasar modern, sehingga para pedagang masih memakai kebiasaan tradisional dalam beradaptasi dengan suasana pasar baru yang terlah direvitalisasi. Sosialisasi dapat berupa kampanye sosial yang dapat mengubah perilaku pedagang pasar tradisional untuk beradaptasi terhadap pasar yang telah direvitalisasi atau diremajakan, sehingga program kampanye ini dapat membantu program revitalisasi dari pemerintah, dengan metode wawancara dan video logging.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications & transportation |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 05:02 |
Last Modified: | 07 Dec 2015 05:02 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6581 |
Actions (login required)
View Item |