Agung. N, Suratina (2015) KAJIAN PENGGUNAAN ICON “WARAK NGENDHOG” DALAM SEMARANG CITY BRANDING (VERSI “SEMARANG Variety Of Culture”). Other thesis, Prodi Desain Komunikasi Visual UNIKA Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text (BAB V Available document only in Soegijapranata Catholic University)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
Text (BAB VI)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10.13.0137 SURATINA AGUNG NUGRAHANI daftar pustaka.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Warak Ngendhog, adalah maskot dalam tradisi ritual Dugderan masyarakat Kota Semarang yang merupakan budaya lokal yang sudah dilakukan secara turun temurun. Sebagai maskot dugderan Warak Ngendhog mempresentasikan sebuah hewan rekaan yang mencerminkan akulturasi dari 3 etnis yaitu Jawa, Arab dan Cina. Warak Ngendhog merefleksikan adanya nilai-nilai ajaran dari Agama Islam dan juga tentang kehidupan masyarakat yang berbeda-beda etnis yang ada di Semarang. Sebagai kota berkembang Kota Semarang seharusnya banyak didatangi oleh wisatawan baik domestik atau mancanegara, namun menurut BPS kondisi Kota Semarang sekarang ini relatif tertinggal jika dibandingkan dengan kota-kota dekat disekitarnya seperti Jogja dan Solo. City Branding dipercaya sebagai cara ampuh untuk membuat sebuah kota menjadi terkenal. Karena, City Branding merupakan proses perencanaan atau pembangunan kota yang bertujuan menciptakan differensiasi dan memperkuat identitas kota. Sebagai icon dalam Semarang City Branding versi “Semarang Variety Of Culture” Warak Ngendhog memiliki makna dan filosofi yang relevan dengan keadaan Kota Semarang, sehingga diharapkan dapat terus bertahan dari zaman ke zaman. Untuk itulah diperlukan adanya penelitian yang mengkaji tentang Kota Semarang dan Warak Ngendhog dang kolerasinya di dalam City Branding “Semarang Variety Of Culture” yang ditinjau secara historis dan melalui teori-teori tentang City Branding.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication |
Divisions: | Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design |
Depositing User: | Mrs. Rini Yastuti |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 04:56 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 05:02 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/6354 |
Actions (login required)
View Item |