ELVRITA, NATALIA (2015) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP. Masters thesis, Program Magister Sains Psikologi Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text (COVER)
12.92.0061 Natalia Elvrita - COVER.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
12.92.0061 Natalia Elvrita - BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
12.92.0061 Natalia Elvrita - BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text (BAB III)
12.92.0061 Natalia Elvrita - BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB IV)
12.92.0061 Natalia Elvrita - BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB V)
12.92.0061 Natalia Elvrita - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12.92.0061 Natalia Elvrita - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
12.92.0061 Natalia Elvrita - LAMPIRAN.pdf Download (433kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai hubungan konsep diri dan self efficacy dengan prestasi belajar pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini: a) ada hubungan konsep diri dan self efficacy dengan prestasi belajar siswa; b) ada hubungan positif konsep diri dengan prestasi belajar siswa; c) ada hubungan positif self efficacy dengan prestasi belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 41 siswa kelas VIII SMP Yoannes XXIII Semarang yang memiliki inteligensi diatas rata-rata, yaitu ≥115. Metode pengumpulan data menggunakan data dokumentasi, yaitu rekapan/legger nilai rapor semester 1; dan skala, yaitu skala konsep diri dan self efficacy. Metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor dan korelasi product moment. Penelitian ini mengunakan inteligensi sebagai variabel kontrol. Hasil uji hipotesis mayor penelitian yang menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor memperoleh hasil Fhitung= 0,219 dan p= 0,804,hasil tersebut menunjukkan tidak ada hubungan konsep diri dan self efficacy dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis minor diuji dengan teknik korelasi product moment, uji hipotesis pertama memperoleh hasil rx1y=0,102 dan p=0,264 (p>0,05), artinya tidak ada hubungan positif konsep diri dan prestasi belajar siswa, uji hipotesis minor kedua memperoleh hasil rx2y= 0,047 dan p=0,386 (p>0,05), hasil tersebut menunjukkan tidak ada hubungan positif self efficacy dan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ditolak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Concept 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives > Self Efficacy |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Science in Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 04:22 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 05:03 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/5483 |
Actions (login required)
View Item |