PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA USAHA PARKIR APABILA TERJADI KEHILANGAN KENDARAAN BERMOTOR

Nursasongko, Fajar Adi (2014) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PENGGUNA JASA USAHA PARKIR APABILA TERJADI KEHILANGAN KENDARAAN BERMOTOR. Other thesis, PRODI ILMU HUKUM UNIKA SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text (COVER)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko COVER.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
09.20.0066 Fajar Adi Nursasongko LAMPIRAN.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penulisan hukum dengan judul “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Jasa Usaha Parkir Apabila Terjadi Kehilangan Kendaraan Bermotor”, bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pengaturan tanggung jawab pelaku usaha jasa parkir terhadap korban pencurian kendaraan bermotor di area parkir, bentuk perlindungan hukum bagi konsumen jasa usaha parkir yang mengalami kerugian akibat kehilangan kendaraan bermotor di area parkir, serta proses yang dapat ditempuh oleh konsumen jasa usaha parkir untuk mendapatkan ganti kerugian dari pelaku jasa usaha parkir atas kerugian akibat kehilangan kendaraan bermotor di area parkir menurut hukum di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan pendekatan yuridis sosiologis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Obyek penelitiannya yaitu perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa usaha parkir apabila terjadi kehilangan kendaraan bermotor. Lokasi penelitian bertempat di area parkir Bandara Internasional Ahmad Yani, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), dan Lembaga Pembelaan dan Perlindungan Konsumen (LPPK) Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan dua cara, yaitu wawancara dan studi pustaka. Implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) dianggap belum sepenuhnya terlaksana dengan baik, masih banyak ditemukan berbagai kasus kegiatan pelaku usaha parkir yang mencoba membatasi tanggung jawab terhadap konsumennya yang mengalami kerugian dengan menggunakan klausula-klausula eksonerasi. Disebutkan di dalam UUPK bahwa dalam melakukan kegiatan usahanya, pelaku usaha dilarang untuk mengalihkan tanggungjawabnya, Disebutkan pula di dalam Pasal 19 ayat 2 UUPK bahwa pelaku usaha berkewajiban untuk mengganti kerugian yang diderita konsumennya. UUPK juga mengatur tentang hak-hak konsumen termasuk hak konsumen pengguna jasa usaha parkir yang mengalami kehilangan kendaraan bermotor, di dalam Pasal 4 huruf h UUPK bahwa konsumen yang merasa dirugikan berhak untuk menuntut ganti rugi kepada pelaku usaha. Selain itu, upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen utnuk mendapatkan ganti kerugian yaitu dengan mengadukan sengketa tersebut pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen untuk proses penyelesaian sengketa diluar pengadilan atau mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan negeri untuk proses penyelesaian sengketa melalui pengadilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 340 Law > 346 Private Law > Law Protection
Divisions: Faculty of Law and Communication
Depositing User: Mrs Fransiska Septiana
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:57
Last Modified: 27 Aug 2015 01:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item