Purwitasari, Florensia Yunia Dian Isa (2014) ANALISIS FENOMENOLOGI REPRESENTASI KONSEP PRIA DALAM IKLAN TELEVISI (Studi pada Iklan Televisi Vaseline Men Wash Moisturizer Versi Naik Motor dan Men’s Biore Versi Main Bola). Other thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari COVER.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
|
Text (BAB II Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari BAB II.pdf Download (114kB) | Preview |
|
Text (BAB III Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
||
|
Text (BAB V Available Document Only in Soegijapranata Catholic University)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari BAB V.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11.32.0005 Florensia Yunia Dian Isa Purwitasari LAMPIRAN.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pria dalam persepsi pasar, baik pria maupun wanita, mengetahui persepsi pasar terhadap konsep pria yang ditawarkan oleh kedua produk tersebut melalui iklan televisi, dan untuk mengetahui apakah terdapat ketidaksesuaian konsep antara persepsi pasar dengan representasi dalam desain kedua iklan tersebut. Penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu pengambilan sampel tidak berdasarkan peluang dari responden yang akan disurvei. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan mengambil orang-orang terpilih sesuai dengan ciri-ciri spesifik yang dimiliki oleh sampel. Dalam penelitian ini hanya mengambil 20 orang karena sesuai dengan pertimbangan peneliti yaitu pria (10 orang) dan wanita (10 orang) yang berusia diatas 17 tahun dan pernah melihat iklan tersebut. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di gedung Yustinus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Semarang dan kantor Anugerah di Jalan Taman Borobudur Utara. Peneliti menggunakan metode yang dimodifikasi dari Stevick-Collaizzi-Keen, yang biasanya digunakan dalam penelitian yaitu phenomenological. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pria menurut persepsi pasar ternyata memunculkan pendapat yang berbeda-beda sehingga konsep pria yang dilihat pasar bukan hanya sekedar fisik saja melainkan konsumen justru melihat secara non fisik, persepsi konsumen untuk tagline pada iklan Vaselline Men dan Mens Biore masih cenderung masih mengarah ke arah non fisik dibandingkan melihat segi fisiknya saja, kemudian alur cerita iklan masih memperhatikan model iklan dan penggunaan objek iklan. Kata kunci: phenomenological, konsep pria, konsep pria iklan televisi, persepsi pasar terhadap ketidaksesuaian iklan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mrs Ratnasasi Wijayanti |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 01:41 |
Last Modified: | 27 Aug 2015 01:41 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/424 |
Actions (login required)
View Item |