FEBRIANTO, HENING TYAS WISNHU (2015) Reaksi Pasar Terhadap Publikasi Laporan Keuangan yang Memiliki Luas Pengungkapan CSR Yang Berbeda dengan Laba Meningkat dan Menurun : Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang.
|
Text
08.60.0199 Hening Tyas Wisnhu Febrianto COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
08.60.0199 Hening Tyas Wisnhu Febrianto BAB I.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
08.60.0199 Hening Tyas Wisnhu Febrianto BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
08.60.0199 Hening Tyas Wisnhu Febrianto BAB III.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
08.60.0199 Hening Tyas Wisnhu Febrianto BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
08.60.0199 Hening Tyas Wisnhu Febrianto BAB V.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.60.0199 Hening Tyas WF DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) | Preview |
Abstract
Isu yang berkaitan dengan CSR merupakan isu yang aktual hingga saat inikarena secara kontekstual, banyak kasus yang terjadi dimana perusahaan kurang atau bahkan tidak memberikan kontribusi positif secara langsung kepada masyarakat sekitar dimana perusahaan hanya mengutamakan profit belaka.Akibatnya, terjadi hubungan yang tidak harmonis antara perusahaan dengan masyarakat setempat. Oleh karena itu, dunia usaha perlu mencari pola-pola kemitraan (partnership) dengan seluruh stakeholder agar dapat berperan dalam pembangunan Upaya tersebut secara umum dapat disebut sebagai corporate social responsibility atau corporate citizenship dan dimaksudkan untuk mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan aktivitasnya Penelitian ini akan menguji isu tentang reaksi pasar terhadap publikasi laporan keuangan yang mengandung informasi tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan luas pengungkapan yang berbeda. Selain itu, pada penelitian ini memasukkan informasi laba meningkat dan menurun, karena pada penelitianpenelitian sebelumnya yang berkaitan dengan hal tersebut menunjukan hasil bahwa pasar bereaksi terhadap pengumuman laba. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar bereaksi negatif dan signifikan terhadap publikasi laporan keuangan yang mengungkapkan informasi CSR lebih banyak. Pasar bereaksi positif signifikan terhadap publikasi laporan keuangan yang mengungkapkan informasi CSR lebih banyak dengan laba kejutan positif. Pasar bereaksi negatif signifikan terhadap publikasi laporan keuangan yang mengungkapkan informasi CSR lebih banyak dengan laba kejutan negatif. Pasar tidak bereaksi positif dan signifikan terhadap Publikasi laporan keuangan yang mengungkapkan informasi CSR Lebih sedikit. Pasar tidak bereaksi positif dan signifikan terhadap publikasi laporan keuangan yang mengungkapkan informasi CSR lebih sedikit dengan laba kejutan positif. Pasar tidak bereaksi positif dan signifikan terhadap publikasi laporan keuangan yang mengungkapkan informasi CSR lebih sedikit dengan laba kejutan negatif. Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap perusahaan yang mengungkapkan informasi CSR lebih banyak dibandingkan dengan perusahaan yang mengungkapkan informasi CSR lebih sedikit. Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap perusahaan yang mengungkapkan informasi CSR lebih banyak dengan laba meningkat dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki laba menurun Tidak terdapat perbedaan reaksi pasar terhadap perusahaan yang mengungkapkan informasi CSR sedikit dengan laba meningkat dibandingkan dengan perusahaan yang memiliki laba menurun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 330 Economics |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Accounting |
Depositing User: | Mr Agung Tri Hartadi |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 03:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 06:40 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/4143 |
Actions (login required)
View Item |