MURDIANTO, BAYU (2007) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT. SRIWIJAYA AIRLINES TERHADAP BARANG KIRIMAN ( KARGO ) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 15 TAHUN 1992 TENTANG PENERBANGAN (Studi Kasus di PT. Sriwijaya Airlines Semarang). Other thesis, Prodi Hukum Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
00.20.0055 Bayu Murdianto COVER.pdf Download (70kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
00.20.0055 Bayu Murdianto BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
00.20.0055 Bayu Murdianto BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic University)
00.20.0055 Bayu Murdianto BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
Text (BAB IV)
00.20.0055 Bayu Murdianto BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
Abstract
Di dalam praktek dewasa ini, perusahaan pengangkutan selalu berusaha menghindari resiko dalam mengadakan hubungan hukum dengan pihak lain. Hal ini terbukti dengan munculnya syarat-syarat yang tertuang dalam Surat Muatan Udara yang apabila diperhatikan sangat berat sebelah dan pada umunya sangat merugikan dan memberatkan para pengirim barang. Untuk lebih menjamin kepastian hukum akan hak-hak pengirim barang maka dirasa perlu adanya pengawasan serta perhatian pemerintah Indonesia karena suatu armada penerbangan niaga yang besar harus mengutamakan faktor-faktor keamanan dan kenyamanan kepada para pengguna jasanya. Berdasarkan aspek-aspek yang telah diuraikan di atas, yang merupakan alasan dalam penulisan ini maka dipilih judul ” PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB PT. SRIWIJAYA AIRLINES TERHADAP BARANG KIRIMAN ( KARGO) DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 15 TAHUN 1992 TENTANG PENERBANGAN “. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu metode pendekatan yang menekankan proses pemahaman penulis atas perumusan masalah untuk mengkonstruksikan sebuag gejala hukum yang kompleks dan holistik (mendalam). Penelitian ini akan menggambarkan tanggung jawab PT. Sriwijaya Airlines dalam pengangkutan barang kiriman (kargo) yang kemudian akan dianalisis dengan teori-teori hukum dan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan penelitian di lapangan dapat diuraikan bahwa secara umum tahap-tahap penyelenggaraan pengangkutan barang kiriman (kargo) melalui udara, yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan, tahap penyerahan dan tahap penyelesaian jika terjadi klaim. Mengenai pelaksanaan tanggung jawab PT. Sriwijaya Airlines dalam melaksanakan pengangkutan barang kiriman (kargo) dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Sriwijaya Airlines bertanggung jawab atas musnah, hilang atau rusaknya barang yang diangkutnya. Dalam pelaksanaan kegiatan pengangkutan barang, PT. Sriwijaya Airlines tidak memberikan asuransi terhadap barang kiriman tersebut akan tetapi PT. Sriwijaya Airlines tetap bertanggung jawab terhadap kerusakkan atau kehilangan barang-barang kiriman yang diakibatkan oleh kelalaian dari PT. Sriwijaya Airlines. Besarnya ganti kerugian yang diberikan adalah sebesar nilai barang yang hilang/rusak. Ada beberapa kendala yang pernah dihadapi oleh PT. Sriwijaya Airlines dalam melaksanakan tanggung jawab pengangkutan barang kiriman, yaitu lamanya waktu proses pemberian ganti rugi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Corporate Social Responsibility |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 01:46 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 01:46 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3993 |
Actions (login required)
View Item |