SETIANINGRUM, ERNA (2009) REMEDIAL TEACHING DENGAN METODE PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
05.92.0073 Erna Setianingrum COVER.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.92.0073 Erna Setianingrum BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0073 Erna Setianingrum BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0073 Erna Setianingrum BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0073 Erna Setianingrum BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
||
Text (BAB V)
05.92.0073 Erna Setianingrum BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0073 Erna Setianingrum DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
05.92.0073 Erna Setianingrum LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah mencatat dengan metode peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan mengingat pada siswa sekolah dasar, khususnya kemampuan mengingat materi pelajaran IPA siswa kelas IV. Metode peta pikiran merupakan suatu metode mencatat yang terdiri dari suatu kata atau terdiri dari konsep utama yang dikelilingi oleh lima sampai sepuluh ide utama yang berkaitan dengan konsep utama yang berkaitan dengan konsep anak kata tersebut. Hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan kemampuan mengingat menggunakan metode peta pikiran kelompok remedial teaching dengan kelompok non remedial teaching. Penelitia ini menggunakan desain ekseperimen two group posttest design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Antonius 02 Semarang sebanyak 20 orang yang terdiri dari 10 orang pada kelompok remedial teaching dan 10 orang pada kelompok non remedial teaching. Alat untuk mengukur kemampuan mengingat siswa digunakan tes kemampuan mengingat materi pelajaran IPA. Tes tersebut berisi tentang pokok-pokok pembahasan tentang bagian tumbuhan dan fungsi tumbuhan. Teknik analisis data menggunakan mann whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan mengingat hasil posttest antara kelompok remidial teaching dan kelompok non remidial teaching dengan nilai U=21.000 dan p < 0.05. Hasil posttest kelompok remedial teaching lebih tigngi dibandingkan dengan kelompok non remedial teaching dengan nilai....
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 153 Intelligence |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 01:24 |
Last Modified: | 30 Sep 2015 01:24 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3929 |
Actions (login required)
View Item |