WINDIARINI, YUNITA ENDAH (2009) NEUROLOGICAL IMPRESS METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini COVER.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text (BAB I V avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text (BAB V)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini LAMPIRAN.pdf Download (915kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh neurological impress method (NIM) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD. NIM merupakan suatu metode pengulangan untuk siswa yang belum lancar membaca secara individual dengan merefleksikan kesadaran neurologi untuk menanamkan kesan akan kata-kata langsung ke otak siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitianini adalah terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD sebelum dan sesudah dilakukan treatment berupa NIM. Kemampuan membaca sesudah dilakukan NIM lebih tigngi dibandingkan dengan kemampuan membaca sebelum dilakukan NIM Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang akan diperoleh siswa di SD serta merupakan pendidikan dasar untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang lain. Membaca merupakan aktivitas audiovisual untuk memperoleh makna dari simbol berupa huruf atau kata. Kemampuan membaca terdiri dari dua tahap yaitu membaca permulaan (teknis) dan membaca pemahaman. Siswa kelas satu diharapkan mampu menguasai kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen ulang (one group pre and posttest design). Subyek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang siswa yang diberikan treatment selama 20 kali pertemuan dengan tiga kali membaca bacaan yang diberikan. Alat untuk mengukur kemampuan membaca permulaan yang digunakan tes kemampuan membaca permulaan yang dibuat oleh guru dan penulis disesuaikan dengan kemampuan dasar membaca yang harus dimiliki anak kelas I SD. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membac permulaan siswa kela 1 SD sebelum dan sesudah dilakukan treatment berupa NIM. Kemampuan membaca sudah dilakukan NIM lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca sebelum dilakukan NIM. Hasil ini membuktikan hipotesis penelitian yang diajukan diterima
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 01:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2015 01:37 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3925 |
Actions (login required)
View Item |