NEUROLOGICAL IMPRESS METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

WINDIARINI, YUNITA ENDAH (2009) NEUROLOGICAL IMPRESS METHOD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini COVER.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text (BAB I V avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text (BAB V)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.92.0054 Yunita Endah Windiarini LAMPIRAN.pdf

Download (915kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh neurological impress method (NIM) terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD. NIM merupakan suatu metode pengulangan untuk siswa yang belum lancar membaca secara individual dengan merefleksikan kesadaran neurologi untuk menanamkan kesan akan kata-kata langsung ke otak siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitianini adalah terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD sebelum dan sesudah dilakukan treatment berupa NIM. Kemampuan membaca sesudah dilakukan NIM lebih tigngi dibandingkan dengan kemampuan membaca sebelum dilakukan NIM Kemampuan membaca merupakan kemampuan dasar yang akan diperoleh siswa di SD serta merupakan pendidikan dasar untuk mempelajari pelajaran-pelajaran yang lain. Membaca merupakan aktivitas audiovisual untuk memperoleh makna dari simbol berupa huruf atau kata. Kemampuan membaca terdiri dari dua tahap yaitu membaca permulaan (teknis) dan membaca pemahaman. Siswa kelas satu diharapkan mampu menguasai kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen ulang (one group pre and posttest design). Subyek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang siswa yang diberikan treatment selama 20 kali pertemuan dengan tiga kali membaca bacaan yang diberikan. Alat untuk mengukur kemampuan membaca permulaan yang digunakan tes kemampuan membaca permulaan yang dibuat oleh guru dan penulis disesuaikan dengan kemampuan dasar membaca yang harus dimiliki anak kelas I SD. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membac permulaan siswa kela 1 SD sebelum dan sesudah dilakukan treatment berupa NIM. Kemampuan membaca sudah dilakukan NIM lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca sebelum dilakukan NIM. Hasil ini membuktikan hipotesis penelitian yang diajukan diterima

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Sep 2015 01:37
Last Modified: 30 Sep 2015 01:37
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3925

Actions (login required)

View Item View Item