METODE SELF RECORDING UNTUK MENURUNKAN HIPERAKTIVITAS PADA ANAK

HAPSARI, KRISTIEN WEDHAR (2006) METODE SELF RECORDING UNTUK MENURUNKAN HIPERAKTIVITAS PADA ANAK. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari COVER.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text (BAB V avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text (BAB VI)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
05.92.0045 Kristien Wedhar Hapsari LAMPIRAN.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode self recording dalam menurunkan hiperaktivitas anak. Self recording merupakan tahap awal dari metode kontrol diri yang merupakan bentuk dari terapi koqnitif perilaku. Peran dari terapi koqnitif perilaku dengan menggunakan metode self recording adalah mengajarkan anak cara bagaimana mengembangkan strategi koqnitif untuk memecahkan masalah baik masalah akademik, koqnitif maupun yang berkaitan dengan hubungan interpersonal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen single subjek design, dengan jumlah subyek 2 orang anak dengan gangguan hiperaktif berusia 9 tahun yang diberi treatment dengan metode self recording. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adlaah rating scale hiperaktivitas . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penerapan metode self recording signifikan pada subyek yang mempunyai kemampuan intelektual rata-rata, telah mengikuti terapi dan mendapatkan dukungan dan perhatian yang besar dari keluarga,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 30 Sep 2015 01:42
Last Modified: 30 Sep 2015 01:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item View Item