ANDRIYANI, TITIS MUNCAR (2009) PENERAPAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENULIS. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani COVER.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0044 Margaretha Lina Wahyu W. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text (BAB V)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
05.92.0042 Titis Muncar Andriyani LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode fernald, dan melihat adanya perbedaan ketrampilan menulis anak sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Hipotesis yang diajukan peneliti adalah bahwa adanya peningkatan ketrampilan menulis pada anak setelah dilakukan intervensi dengan metode fernald. Subyek penelitian yang mengikuti penelitian remedial teaching ini adalah anak-anak yang berada di kelas 2 sekolah dasar (usia 7 sampai dengan 8 tahun). Subyek yang digunakan berjumlah 2 orang, laki-laki dan perempuan. Metode yang digunakan adalah desain eksperimen dengan kasus tunggal (single case experiment design), dengan paradigma A-B-A Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan rating scale yang disusun berdasarkan aspek-aspek analisa tulisan, serta aspek-aspek sikap menulis. Pengukuran dilakukan sebanyak tiga kali pada saat baseline, treetment dan pasca perlakuan. Follow Up yang dilakukan satu kali untuk mengetahui kekonsistenan performansi tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peenrapan metode fernald dapat meningkatkan ketrampilan menulis anak. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya skor subjek sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan, dan dari hasil follow up dapat dilihat adanya kekonsistenan performansi tulisan, sebab skor pasca perlakuan dan follow up cenderung stabil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Learning 300 Social Sciences |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 30 Sep 2015 01:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2015 01:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3910 |
Actions (login required)
View Item |