DEWI, SHINTA LAKSMI (2008) PENGAJARAN REMEDIAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi COVER.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
||
Text (BAB II)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (992kB) |
||
Text (BAB III)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
||
Text (BAB IV)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
||
Text (BAB V)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
||
Text (BAB VI)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
05.92.0008 Shinta Laksmi Dewi LAMPIRAN.pdf Download (642kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Pengajaran remedial adalah suatu cara yang digunakan untuk memperbaiki atau menyembuhkan kesulitan siswa terhadap mata pelajaran. Sifat pengajaran remedial ini adalah memberikan pengulangan pengajaran terhadap materi yang telah disampaikan. Metode pengajaran remedial yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode pemberian tugas dan resitasi dan metode tanya jawab, dengan diberikannya pelajaran secara berulang-ulang maka siswa akan semakin memahami dan mengerti terhadap materi yang disampaikan sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Negeri Jatingaleh 01. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah empat orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan Desain Perlakuan Ulang (One Group Pre and Posttest Design). Pengajaran Remedial dilakukan empat kali pertemuan, selama 90 menit setiap kali pertemuan. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Pemilihan metode analisis Wilcoxon Signed Rank Test ini untuk mengetahui perbedaan hasil nilai pre test dan nilai post test setelah kelompok mendapatkan pengajaran remedial. Dari analisis data diperoleh nilai Z = -1.826 dengan nilai p = 0.034 (p<0,05) yang artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dengan post test. Nilai rata-rata pada pre test adalah 45 sedangkan nilai rata-rata post test adalah 77.5 Sesuai dengan tujuan penelitian ini maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu pengajaran remedial dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan kenaikan nilai pada saat post test.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education 300 Social Sciences > 370 Education > Learning Interest |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 29 Sep 2015 02:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2015 02:04 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3893 |
Actions (login required)
View Item |