SUSANTI, DIAN RIA (2008) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA SD. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
05.92.0006 Dian Ria Susanti COVER.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text (BAB V avalible document only in Soegijapranata Catholic)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
Text (BAB VI)
05.92.0006 Dian Ria Susanti BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.92.0006 Dian Ria Susanti DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
05.92.0006 Dian Ria Susanti LAMPIRAN.pdf Download (558kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kooperatif teknik jigsaw adalah suatu teknik pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa anggota dalam satu kelompok yang bertanggung jawab atas penguasaan bagian materi belajar dan mampu mengajarkan bagian tersebut kepada anggota lain dalam kelompoknya. Model pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan model pembelajarab kooperatif, dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerjasama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa SD. Subyek dalam penelitian ini terbagi dalam kelompok eksperimen berjumlah 16 siswa yang diberi pembelajaran kooperatif teknik jigsaw sebanyak tiga kali pertemuan dengan durasi tiap pertemuan adalh dua jam pelajaran dan kelompok kontrol berjumlah 21 siswa yang tidak diberikan perlakuan. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa SD
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 370 Education 300 Social Sciences > 370 Education > Learning Interest |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 29 Sep 2015 02:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2015 02:04 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3892 |
Actions (login required)
View Item |