CHRISTIANA, GITA (2009) PEMBELAJARAN PERILAKU MENOLONG PADA ANAK TK MELALUI BERCERITA DENGAN PANGGUNG BONEKA. Masters thesis, Program Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
04.92.0024 Gita Christiana COVER.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
04.92.0024 Gita Christiana BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) |
||
Text (BAB II avalible document only in Soegijapranata Catholic)
04.92.0024 Gita Christiana BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
Text (BAB III avalible document only in Soegijapranata Catholic)
04.92.0024 Gita Christiana BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
Text (BAB IV avalible document only in Soegijapranata Catholic)
04.92.0024 Gita Christiana BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
||
Text (BAB V)
04.92.0024 Gita Christiana BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04.92.0024 Gita Christiana DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
04.92.0024 Gita Christiana LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku menolong pada anak TK sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran bercerita dengan panggung boneka. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest design, yaitu untuk mengetahui berbedaan perilaku menolong sebelum dan sesudah diberikan panggung boneka dengan subjek sebanyak empat anak TK-A. Pengukuran menggunakan check list berdasarkan definisi operasional dari perilaku menolong dan angket guru. Bercerita dengan panggung boneka merupakan kegiatan memberi pengalaman belajar kepada anak melalui penuturan atau penjelasan secara langsung dan lisan dengan menggunakan alat peraga atau medium panggung dan boneka. Dalam pelaksanannya boneka akan dimainkan oleh satu orang dalang dan para pembantu dalang yang bersembunyi di balik panggung, sehingga yang tampak dari depan penonton hanya gerakan boneka disertai dialog serta efek-efek suara dan musik. Hasil perhitungan wicoxon signed ranks test menunjukkan bahwa ada perbedaan perilaku menolong antara pretes dan postes (z = -1.826 p < 0.05). Perilaku menolong pada pretes (mean = 4.00) pengukuran follow up yang dilakukan 25 hari setelah postes juga menunjukkan adanya perbedaan perilaku menolong antara perilaku menolong pada postes (mean : 13.75) dengan perilaku menolong pada follow up (mean = 17.25)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology |
Divisions: | Graduate Program in Psychology > Master of Psychology |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 29 Sep 2015 02:04 |
Last Modified: | 29 Sep 2015 02:04 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3860 |
Actions (login required)
View Item |