DJUWAHIR H W, MARCILIANUS (2008) PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI YAYASAN PENYELENGGARAAN ILAHI INDONESIA CABANG SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI GURU SD-SMP-SMA KEBON DALEM SEMARANG. Masters thesis, PROGDI MAGISTER MANAJEMEN UNIKA SOEGIJAPRANATA.
|
Text (COVER)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W COVER.pdf Download (330kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text (BAB V)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
05.90.0010 Marcilianus Djuwahir H W LAMPIRAN.pdf Download (556kB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI YAYASAN PENYELENGGARAAN ILAHI INDONESIA CABANG SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI GURU SD SMP SMA KEBON DALEM SEMARANG Yayasan Penyelengaraan Ilahi Indonesia Cabang Semarang adalah salah satu cabang dari Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia (YPII) yang bergerak dalam bidang pendidikan. Yayasan Penyelenggaraan Ilahi Indonesia Cabang Semarang menangani 5 sekolah Taman Kanak-Kanak, 5 Sekolah Dasar, 2 Sekolah Menengah Pertama dan 1 Sekolah Menegah Atas. Dalam pelayanan pendidikan, yayasan membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas. Salah satu sumber daya manusia yang menjadi peran kunci dalam keberhasilan pelayanan pendidikan adalah guru yang memiliki kompetensi di bidangnya. Dari data prasurvey Agustus 2007 kepada para guru di YPII menunjukkan bahwa 93 dari 156 guru (60%) di YPII Cabang Semarang menghadapi permasalahan dalam pengembangan diri. Agar pengembangan guru ini tepat guna maka perlu mengetahui kompetensi guru yang dirasakan saat ini dan perlu mengetahui kompetensi yang diharapkan oleh para guru. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka penelitian yang peneliti laksanakan adalah mengkaji pengembangan kompetensi guru di YPII cabang Semarang berdasarkan persepsi guru SD-SMP-SMA Kebon Dalem Semarang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis diskriptif dengan menggunakan angket sebagai metode pengumpulan data. peneliti memberikan angket kepada seluruh populasi yaitu semua guru SD-SMP-SMA Kebon Dalem sebagai responden dalam penelitian ini. Setelah penelitian diketahui bahwa secara global para guru SD-SMP-SMA Kebon Dalem merasa memiliki kompetensi guru dalam kategori tinggi, yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial dan para guru mengharapkan untuk memiliki kompetensi guru yang lebih tinggi lagi dari yang dirasakan namun masih dalam kategori yang sama yaitu kategori tinggi, kecuali kompetensi kepribadian para responden mengharapkan untuk memiliki kompetensi dalam kategori yang sangat tinggi. Maka pengembangan kompetensi guru lebih diprioritaskan pada kompetensi kepribadian tanpa mengabaikan pengembangan pada kompetensi lainnya sehingga harapan para responden / guru SD-SMP-SMA Kebon Dalem dapat terpenuhi. Secara parsial per unit sekolah diketahui bahwa Unit SMA Kebon Dalem antara kompetensi guru yang dirasakan dan yang diharapkan tidak berbeda jauh namun pengembangan pada kompetensi pedagogik perlu lebih mendapatkan prioritas, sedangkan untuk unit SMP Kebon Dalem antara kompetensi yang dirasakan dan yang diharapkan ada perbedaan yang besar, juga dalam kategorinya, yaitu kompetensi yang dirasakan dalam ketegori tinggi dan yang diharapkan dalam kategori sangat tinggi. vii Maka untuk unit SMP Kebon Dalem pengembangan kompetensi gurun perlu secara menyeluruh dari keempat kompetensi yang ada yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, professional dan sosial. Untuk unit SD Kebon Dalem pengembangan kompetensi gurunya lebih dititik beratkan pada kompetensi pedagogik, kepribadian dan kompetensi professional. Salah satu cara pengembangan untuk unit SD Kebon Dalem dalam pengembangannya adalah memberikan kesempatan studi Strata 1 secara karena diketahui 66,6% belum menyelesaikan Strata 1.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 720 Architecture > 725 Public structures > Recreation facilities |
Divisions: | Graduate Program in Management |
Depositing User: | Mrs. Frederika Kristin |
Date Deposited: | 29 Sep 2015 02:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2015 02:06 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3841 |
Actions (login required)
View Item |