MIDIARTO, AVID (2011) CHOPPER 2 KUADRAN UNTUK OPERASI MOTORING DAN REGENERATIVE BRAKING PADA MOTOR DC. Other thesis, Prodi Teknik Elektro Unika Soegijapranata.
|
Text (COVER)
03.50.0051 Avid Midiarto COVER.pdf Download (175kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
||
Text (BAB II Available Document Only in Library of Soegijapranata Catholic University)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text (BAB III Available Document Only in Library of Soegijapranata Catholic University)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
Text (BAB IV Available Document Only in Library of Soegijapranata Catholic University)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
Text (BAB V)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.50.0051 Avid Midiarto DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Suatu sistem yang mampu mengubah tegangan DC konstan menjadi tegangan DC variable disebut dengan DC - DC Converter atau yang sering disebut dengan Chopper. Chopper DC ini dapat digunakan untuk menaikkan dan menurunkan sumber tegangan DC. Penambahan beban converter akan dapat mengurangi riak tegangan output, sehingga tegangan output lebih bagus. Prinsip sistem pengaturan motor DC adalah dengan pengaturan tegangan menggunakan modulasi lebar pulsa (PWM) dan dilengkapi rangkaian DC Chopper yang berfungsi sebagai pengkondisi arah dan pembalik putaran maupun penghentian motor yang dikendalikan secara manual. Percobaan dilakukan dengan menggunakan motor DC 24 Volts dan kecepatan acuan 2600 rpm. Hasil pengamatan dengan hasil terbaik pada saat pengukuran kecepatan, kecepatan awal untuk mencapai kondisi steady-state, pengereman motor. Kelemahan yang terjadi apabila motor dibebani atau beban terlepas seketika akan terjadi sedikit lonjakkan kecepatan dalam waktu singkat, namun segera kembali pada kecepatan acuannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengendalian tersebut berupa pemilihan waktu pengukuran, tingkat velocitas pada motor DC, ketelitian. Sistem ini sangat sederhana dan mampu memberikan kinerja yang baik. Eksperimental pekerjaan yang dilakukan untuk memverifikasi analisis. Kata Kunci: Chopper, DC-DC Converter, PWM, Motor DC
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering |
Depositing User: | Mrs Christiana Sundari |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 01:57 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 01:57 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3722 |
Actions (login required)
View Item |