CHOPPER 2 KUADRAN UNTUK OPERASI MOTORING DAN REGENERATIVE BRAKING PADA MOTOR DC

MIDIARTO, AVID (2011) CHOPPER 2 KUADRAN UNTUK OPERASI MOTORING DAN REGENERATIVE BRAKING PADA MOTOR DC. Other thesis, Prodi Teknik Elektro Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
03.50.0051 Avid Midiarto COVER.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB II Available Document Only in Library of Soegijapranata Catholic University)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III Available Document Only in Library of Soegijapranata Catholic University)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV Available Document Only in Library of Soegijapranata Catholic University)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text (BAB V)
03.50.0051 Avid Midiarto BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
03.50.0051 Avid Midiarto DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Suatu sistem yang mampu mengubah tegangan DC konstan menjadi tegangan DC variable disebut dengan DC - DC Converter atau yang sering disebut dengan Chopper. Chopper DC ini dapat digunakan untuk menaikkan dan menurunkan sumber tegangan DC. Penambahan beban converter akan dapat mengurangi riak tegangan output, sehingga tegangan output lebih bagus. Prinsip sistem pengaturan motor DC adalah dengan pengaturan tegangan menggunakan modulasi lebar pulsa (PWM) dan dilengkapi rangkaian DC Chopper yang berfungsi sebagai pengkondisi arah dan pembalik putaran maupun penghentian motor yang dikendalikan secara manual. Percobaan dilakukan dengan menggunakan motor DC 24 Volts dan kecepatan acuan 2600 rpm. Hasil pengamatan dengan hasil terbaik pada saat pengukuran kecepatan, kecepatan awal untuk mencapai kondisi steady-state, pengereman motor. Kelemahan yang terjadi apabila motor dibebani atau beban terlepas seketika akan terjadi sedikit lonjakkan kecepatan dalam waktu singkat, namun segera kembali pada kecepatan acuannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengendalian tersebut berupa pemilihan waktu pengukuran, tingkat velocitas pada motor DC, ketelitian. Sistem ini sangat sederhana dan mampu memberikan kinerja yang baik. Eksperimental pekerjaan yang dilakukan untuk memverifikasi analisis. Kata Kunci: Chopper, DC-DC Converter, PWM, Motor DC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: Mrs Christiana Sundari
Date Deposited: 28 Sep 2015 01:57
Last Modified: 28 Sep 2015 01:57
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3722

Actions (login required)

View Item View Item