PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK MENDAPAT PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN TERHADAP ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO”.

Hardiansah, - (2011) PELAKSANAAN PEMENUHAN HAK MENDAPAT PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN TERHADAP ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO”. Other thesis, Prodi Ilmu hukum Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
07.20.0020 Hardiansah COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07.20.0020 Hardiansah BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (BAB II)
07.20.0020 Hardiansah BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (BAB III)
07.20.0020 Hardiansah BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (BAB IV)
07.20.0020 Hardiansah BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07.20.0020 Hardiansah DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Anak sebagai tunas bangsa adalah amanah sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa harus dijaga karena dalam dirinya melekat harkat, martabat dan hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Anak yang berkonflik dengan hukum pidana yang berada dalam lembaga pemasyarakatan anak juga berhak mendapat pendidikan dan pengajaran yang dijamin oleh Undang-undang. Penelitian ini mencoba membahas 3 masalah yaitu pelaksanaan pemenuhan hak untuk mendapat pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik pemasyarakatan, hambatan-hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan pemenuhan hak untuk mendapat pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik pemasyarakatan serta cara mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pemenuhan hak untuk mendapat pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau realita mengenai pelaksanaan pemenuhan hak mendapat pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik pemasyarakatan di LP Anak Kutoarjo. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pemenuhan hak untuk mendapat pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik pemasyarakatan di LP Anak Kutoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan wawancara (interview). Analisis dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan dan pengajaran terhadap anak didik pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan anak Kutoarjo wajib diikuti oleh setiap anak didik pemasyarakatan. Pendidikan dan pengajaran di Lembaga pemasyarakatan anak kutoarjo dibagi menjadi dua bentuk, yaitu pendidikan formal dan pendidikan non-formal. Penddikan formal terwujud dengan adanya program kejar paket A, B dan C. Pendidikan non-formal diselenggarakan melalui latihan ketrampilan atau kemahiran seperti pertukangan, perbengkelan, menjahit, elektronika, las, peternakan, perikanan, dan pertanian. Hambatan yang ditemui adalah hambatan eksternal dan internal. Hambatan eksternal berasal dari orang tua, pemerintah dan masyarakat sedangkan hambatan internal berasal dari tenaga pengajar, anak didik pemasyarakatan dan sarana prasarana. Cara mengatasi hambatan tersebut adalah pemberian dana khusus bidang pendidikan dan pengajaran, renovasi lembaga pemasyarakatan khususnya ruangan kelas, menambah jumlah tenaga pengajar, sosialisasi program kejar paket A,B dan C kepada anak, orang tua dan masyarakat serta pemberian motivasi dari orang tua terhadap anaknya. Saran yang dapat penulis berikan adalah orang tua seharusnya memiliki kesadaran untuk menyekolahkan anaknya minimal sampai wajib belajar sembilan tahun agar anak mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran. Masyarakat belum memahami Undang-undang No.12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan, sehingga sosialisasi perlu dilakukan sehingga semua pihak dapat memahami benar undang-undang tersebut, khususnya memahami hak anak untuk mendapat pendidikan dan pengajaran walaupun mereka sedang dibina di Lembaga Pemasyarakatan. Kata Kunci : Hak Anak, Pendidikan dan Pengajaran, Anak Didik Pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Social Sciences > 320 Political science > Human Right
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 658 Management > Pensions
Divisions: Faculty of Law and Communication > Department of Law
Depositing User: Mrs Ratnasasi Wijayanti
Date Deposited: 28 Sep 2015 02:01
Last Modified: 28 Sep 2015 02:01
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/3645

Actions (login required)

View Item View Item