PERMATASARI, DIANA CORNELIA (2024) PERAN DINAS SOSIAL DALAM MENJAMIN PEMENUHAN HAK ATAS PENDIDIKAN BAGI ANAK TERLANTAR DI KOTA SEMARANG. S1 thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-COVER_a.pdf Download (617kB) | Preview |
|
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
||
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
|
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-DAPUS_a.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
18.C1.0037-DIANA CORNELIA PERMATASARI-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (969kB) |
Abstract
Anak terlantar terjadi akibat rendahnya pemahaman orangtua tentang arti pendidikan bagi anak, banyak anak terlantar yang harus membantu orangtuanya memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anak terlantar juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan hidup sejahtera, namun masih ada anak terlantar yang tidak bersekolah dengan layak, sehingga terdapat masalah pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak terlantar yang belum terpenuhi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk membuat skripsi ini dengan judul “Peran Dinas Sosial Dalam Menjamin Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Bagi Anak Terlantar di Kota Semarang” dengan perumusan masalah: (1) Bagaimana peran Dinas Sosial Kota Semarang dalam menjamin pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak terlantar, (2) Apa kendala yang dihadapi Dinas Sosial Kota Semarang dalam menjamin pemenuhan hak atas pendidikan bagi anak terlantar. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode metode pendekatan yuridis sosiologis, penelitian yang dihasilkan dengan data deskriptif analisis dan dengan metode pengumpulan data dilapangan serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Sosial Kota Semarang dalam melaksanakan perannya untuk menjamin pemenuhan hak atas pendidikan formal bagi anak terlantar, sedangkan pemenuhan pendidikan non-formal telah dilakukan dengan cara bekerjasama dengan mitra. Kendala yang dihadapi dalam memenuhi hak anak atas pendidikan formal karena peraturan yang kurang lengkap, serta koordinasi antar dinas terkait yang belum berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 340 Law |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | mr. Jodi Armanto |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:27 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36176 |
Actions (login required)
View Item |