ARAUJO, PEDRO NAPOLEON (2024) HALAMAN JUDUL PENYELESAIAN KREDIT MACET DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN (STUDI KASUS PT BANK PEREKONOMIAN RAKYAT WIROSARI IJO DI KABUPATEN GROBOGAN). S1 thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-COVER_a.pdf Download (591kB) | Preview |
|
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
||
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
||
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
||
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
|
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-DAPUS_a.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text
17.C1.0172-PEDRO NAPOLEON ARAUJO-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
Abstract
Penulisan ini dilatar belakangi oleh sering terjadinya kredit macet yang dilakukan oleh debitur kepada Kebitur. Banyaknya kejadian kredit macet dalam pembayaran hutang kredit yang terjadi biasanya terkait dengan perjanjian kredit dengan jaminan fidusia atas latar belakang tersebut membuat penulis ingin mengetahui bagaimana penyelesaian kredit macet dari perjanjian kredit dengan jaminan fidusia. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Apa saja Faktor-Faktor debitur Wanprestasi 2) Bagaimana penyelesaian hukum terkait wanprestasi yang dilakukan Debitur Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode yang menekankan proses pemahaman peneliti atas perumusan masalah untuk mengkonstruksikan sebuah gejala hukum melalui interaksi langsung . Data dan analisis dilakukan secara Analisis Deskriptif yaitu penggambaran rumusahn masalah dengan penjelasan deskriptif. Sumber data diperoleh dari hasil pencarian data di lapangan melalui teknik wawancara dengan Bank Perekonomian Rakyat dan studi pustaka. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa :1)Faktor faktor yang menjadi dasar debitur meakukan wanprestasi,Terjadinya fraud yang dilakukan internal Bank dalam proses pemberian kredit dan/atau pembayaran kredit,Kurangnya pengawasan terhadap tujuan kredit dan pembinaan usaha debitur,Lemahnya prosedur dalam prinsip kehati - hatian dan manajemen risiko dalam pemberian kredit Belum optimalnya Tata Kelola internal terkait pemisahan fungsi dan wewenang dalam pemberian kredit Masih kurangnya kompetensi SDM dalam menganalisa maupun pengawasan kredit.2)Penyelesaian hukum terkait wanprestasi yang dilakukan Debitur dari BPR Wirosari ijo adalah : Pemberian himbauan kepada debitur untuk membayar tagihan atas perjanjian kredit ,Pemberian Surat peringatan 1,2,dan 3 kepada debitur untuk melakukan pembayaran kredit, Memberikan arahan kepada debitur untuk melakukan resturkturisasi agunan Arahan Restrukturisasi tersebut telah dilakukan oleh debitur dengan permohonan pengajuan Restrukturisasi kepada BPR Wirosari Ijo namun tidak disetuji dikarenakan alasan dari debitur dalam pengajuan Restrukturisasi yang tidak disetuji oleh BPR, Mengajukan pelaksanaan AYDA (Agunan Yang Diambil Alih) kepada objek jaminan debitur agar diberikan secara sukarela namun tidak diberikan secara sukarela oleh debitur Mengajukan Gugatan Pengadilan atas Wanprestasi yang telah dilakukan debitur. Putusan Pengadilan menyatakan Debitur Wanprestasi dan diputuskan harus membayar seluruh agunan yang masih ada. Putusan tersebut dilaksanakan Debitur dengan melakukan pembayaran atas seluruh agunan yang masih ada dengan cara sistem mencicil Kata Kunci: Kredit , Jaminan Fidusia , Perjanjian Kredit
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 340 Law |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Law |
Depositing User: | mr. Jodi Armanto |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 01:26 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 01:26 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36175 |
Actions (login required)
View Item |