ANALISIS GREEN ADVERTISING PADA DESAIN VISUAL PRODUK BAYI TERHADAP PERSEPSI ORANG TUA

Aryani, Tabita Nani and ARDHIANTO, PETER and Utami, Maya Putri (2024) ANALISIS GREEN ADVERTISING PADA DESAIN VISUAL PRODUK BAYI TERHADAP PERSEPSI ORANG TUA. Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya.

[img]
Preview
Text
Turnitin_1409-Article Text-8256-1-10-20240717.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Desain visual memegang peranan yang sangat penting dalam industri produk bayi. Visual pada produk dirancang untuk menyampaikan pesan kepada orang tua yang memiliki bayi atau anak balita, terkait product benefit, spesifikasi kualitas produk maupun citra dari produk dan perusahaan. Dewasa ini di tengah situasi setelah pandemi terdapat kecenderungan di kalangan orang tua bayi dari kelompok ekonomi atas untuk memilih produk-produk dengan desain yang menggunakan warna-warna bersaturasi rendah atau muted colors dengan konsep green advertising. Hal ini diduga berkaitan dengan makna alami yang disampaikan warna-warna tersebut, dibandingkan dengan warna-warna cerah atau bersaturasi tinggi. Lebih lanjut kecenderungan ini juga terkait dengan nilai-nilai target audience yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan keberpihakan kepada produk�produk ramah lingkungan. Penelitian ini akan menggunakan sample design dari produk pakaian anak Boho Panna, sebagai salah satu brand yang mengedepankan kesan natural dan ekologis pada produk maupun kemasannya. Pendekatan yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Analisa tinjauan desain kemasan dilakukan untuk memetakan gambaran visual concept terkait makna pada orangtua berusia muda di kota�kota besar di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan konsep visual yang tepat berbasis green advertising pada visual produk yang berimplikasi pada metode penciptaan desain, peningkatan daya jual pada industri dan memperkaya referensi dan rekomendasi pada teori kajian desain

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives
700 Arts and Recreation > 760 Graphic arts
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ms Tabita Nani Aryani
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:32
Last Modified: 20 Aug 2024 08:32
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/36068

Actions (login required)

View Item View Item