Hernawati, Lucia and Yudiati, Erna Agustina Efektifitas Self-Help Group untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Akademik dan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Baru. Project Report. Universitas Katolik Soegijapranata. (Unpublished)
|
Text
ST, Lbr pengesahan, Laporan Penelitian_merged.pdf Download (971kB) | Preview |
Abstract
Setelah siswa lulus dari SMA/SMK selanjutnya dengan penuh sukacita ingin melanjutkan ke perguruan tinggi untuk meraih cita-cita yang diinginkan. Namun ternyata tahun pertama perkuliahan adalah masa yang sulit untuk mahasiswa baru karena mengharuskan mahasiswa baru untuk dapat memenuhi tuntutan perilaku, kognitif, serta afektif yang muncul dari lingkungan di perguruan tinggi. Meskipun masa transisi dari sekolah menengah atas ke perguruan tinggi menawarkan tantangan untuk kematangan tugas perkembangan dan mencapai kemandirian, tidak sedikit mahasiswa yang merasa stres dan kewalahan ketika beradaptasi di tahun pertama kuliahnya. Kompleksnya tuntutan tersebut membuat mahasiswa rentan mengalami permasalahan emosional, sulitnya membangun relasi sosial, prestasi akademik yang rendah, bahkan kehilangan motivasi dan gagal menyelesaikan studinya. Dengan demikian mahasiswa baru dituntut untuk memiliki kemampuan adaptasi akademik dan resiliensi akademik yang memadai. Salah satu alternatifnya adalah dengan metode Self Help Group (SHG). Karena melalui SHG mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan perasaan empati kepada sesama anggota kelompok serta dapat menghormati dan menghargai keberadaan anggota sehingga mampu menciptakan suasana nyaman dan bahagia antar sesama anggota. Hal ini terjadi karena berkumpul dua orang atau lebih yang mempunyai permasalahan yang sama dan serupa serta memiliki kemauan untuk berbagi masalah, saling membantu satu sama lain sesuai dengan kemampuan dan bersedia untuk berbagi informasi dan pengetahuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah intervensi self help group dapat meningkatkan adaptasi akademik dan resiliensi akademik mahasiswa baru. Tujuh belas orang mahasiswa baru akan terlibat pada penelitian berjenis quasi eksperimen one group pretest-postest design. Pretest dan posttes akan menggunakan alat ukur Student Adaptation to College Questionnaire dan The Academic Resilience Scale. Selanjutnya analisa statistik wilcoxon dilakukan untuk mengetahui perbedaan pretest dan postest. Ditemukan nilai Z sebesar -2.227, p= 0.026 (p < 0.05) pada adaptasi akademik dan nilai Z sebesar -1.731, p=0.083 (p< 0.01) pada resiliensi akademik. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan (meningkat) kemampuan adaptasi akademik dan resiliensi akademik antara sebelum dan setelah mendapat intervensi SHG. Kata kunci: adaptasi akademik, resiliensi akademik, self help group, mahasiswa baru
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology |
Depositing User: | Ms Lucia Hernawati |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35991 |
Actions (login required)
View Item |