STRATEGI PENERAPAN PERSONAL BRANDING CONTENT CREATOR @OCTATANNN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK

PRATAMA, STEFFANY CHYNTIA (2024) STRATEGI PENERAPAN PERSONAL BRANDING CONTENT CREATOR @OCTATANNN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA DAFPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
20.M1.0030 - STEFFANY CHYNTIA PRATAMA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan proses antar individu yang saling mengirimkan stimulus dan mampu menyebabkan perubahan perilaku. Komunikasi dapat digunakan untuk menginformasikan produk kepada khalayak atau konsumen, membujuk hingga mengingatkan konsumen terkait suatu merek atau produk secara langsung maupun tidak langsung yang mana kegiatan ini dikenal sebagai komunikasi pemasaran. Branding merupakan strategi untuk membangun citra sebuah merek agar dikenal oleh masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi seorang content creator dalam membangun personal branding di platform media sosial TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengambilan data wawancara terstruktur. Dalam analisis terbagi menjadi empat tahapan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), validasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa Ko Bayem menerapkan ke-11 karakteristik personal branding menurut Rampersad. Ke-11 karakteristik menurut Rampersad yaitu authenticity, integrity, consistency, specialization, authority, distinctiveness, relevant, visibility, persistence, goodwill, dan performance. Ko Bayem memilih TikTok sebagai sarana untuk membangun citra pribadinya karena lewat TikTok, Ko Bayem memiliki kesempatan mendapatkan jangkauan yang lebih luas dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Selain itu, Ko Bayem menggunakan teknik storytelling untuk membangun citra pribadinya sebagai seorang content creator yang dapat dijadikan teman curhat virtual. Personal branding menjadi kunci dalam kesuksesan seorang content creator dalam memperoleh ketenaran dan kesuksesan di era media sosial. Kata kunci: komunikasi, personal branding, content creator, specialization, integrity, authenticity, relevant, performance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 330 Economics > Entrepreneurship
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations > Brands
Divisions: Faculty of Law and Communication
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:17
Last Modified: 02 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35952

Actions (login required)

View Item View Item