PENGGUNAAN GAMIFIKASI DALAM UPAYA TRANSFORMASI SISTEM PANGAN UNTUK GENERASI Z: MATA KULIAH EKOLOGI PANGAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH

Pamudji, Andre Kurniawan and HANTORO, INNEKE and Soedarini, Bernadeta and Harumi, Mellia (2024) PENGGUNAAN GAMIFIKASI DALAM UPAYA TRANSFORMASI SISTEM PANGAN UNTUK GENERASI Z: MATA KULIAH EKOLOGI PANGAN DAN PENGELOLAAN LIMBAH. In: Seminar Nasional EcoGreen 2024.

[img]
Preview
Text
PROSIDING ABSTRAK SEMINAR NASIONAL ECOGreen 2024.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gamifikasi terhadap peningkatan pengetahuan dan kesadaran perilaku ramah lingkungan terkait transformasi sistem pangan pada generasi Z Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian adalah mahasiswa generasi Z yang mengikuti kegiatan perkuliahan Ekologi Pangan dan Pengelolaan Limbah di Universitas Katolik Soegijapranata. Sampel penelitian adalah para mahasiswa yang mengikuti kelas Ekologi Pangan sejumlah 75 mahasiswa dan kelas Pengelolaan Limbah Pangan sejumlah 83 mahasiswa. Proses gamifikasi dilakukan dengan menggunakan sistem poin dan leaderboard. Sistem poin digunakan untuk mengukur kemajuan pengguna dalam menyelesaikan setiap tantangan. Leaderboard digunakan untuk menampilkan peringkat pengguna berdasarkan jumlah poin yang diperoleh. Platform gamifikasi dapat diakses melalui website. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi berpengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan dan kesadaran perilaku ramah lingkungan terkait transformasi sistem pangan pada generasi Z. Hal ini dibuktikan dengan hasil kuesioner yang menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti kegiatan perkuliahan dengan menggunakan gamifikasi memiliki pengetahuan dan kesadaran perilaku ramah lingkungan yang lebih tinggi dilihat dari poin dan score yang didapatkan melalui gamifikasi. Namun, sistem gamifikasi yang digunakan masih perlu dikembangkan kembali agar dapat memberikan notifikasi yang realtime. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengingat tantangan yang akan berlangsung.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data
000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Mr Andre Kurniawan P
Date Deposited: 06 Jul 2024 17:44
Last Modified: 06 Jul 2024 17:44
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35884

Actions (login required)

View Item View Item