GAMIFIKASI DALAM META LIBRARY DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KOTA SEMARANG

VALENTINO W, YOHANES STANLEY (2023) GAMIFIKASI DALAM META LIBRARY DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - COVER_a.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - DAPUS_a.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
19.N2.0007 - Yohanes Stanley V.W - LAMPIRAN_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dengan kemajuan teknologi, kita semua sekarang memiliki akses ke berbagai sumber informasi dan dengan adanya revolusi Industri 4.0, inovasi dalam menyebarkan informasi, belajar, hingga hiburan akan semakin banyak. Dinas Arpus merespons perkembangan ini dengan menciptakan game bernama Meta Library, yang dirancang untuk membantu masyarakat memahami apa itu Arpus dan fungsinya. Meta Library dibuat dengan tujuan untuk mengevaluasi efektivitas gamifikasi dalam menarik minat masyarakat, khususnya mereka yang suka bermain dan selalu mencari tantangan baru dalam permainan. game ini dikembangkan menggunakan metode AGILE, yang melibatkan perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, review, dan peluncuran. Perencanaan awal melibatkan penentuan tujuan dan fitur utama dari game. Desain game kemudian dibuat berdasarkan perencanaan tersebut, dengan fokus pada interaktivitas dan tantangan yang menarik bagi pemain. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan teknologi terbaru dan standar industri tinggi. Setelah game selesai dikembangkan, dilakukan pengujian untuk memastikan bahwa semua fitur berfungsi dengan baik dan tidak ada bug atau error. Review dilakukan untuk mengevaluasi kekurangan dan area perbaikan dari game. Peluncuran game dilakukan setelah semua tahap pengembangan dan pengujian selesai dan game telah siap untuk digunakan oleh publik. Hasil uji menunjukkan bahwa gamifikasi Meta Library sangat menarik bagi pemain, karena dianggap interaktif dan menantang. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam memahami dan bermain game ini. Game ini juga dirancang untuk menarik pemain yang suka tantangan dan berani mencoba hal baru. Secara keseluruhan, pembuatan dan pengujian Meta Library menunjukkan potensi gamifikasi dalam menarik minat masyarakat dan memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan dan menantang. Ini menunjukkan bahwa dengan kombinasi teknologi dan desain yang tepat, game dapat menjadi platform yang efektif untuk edukasi dan hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 005 Computer programming, programs & data > Information Systems
Divisions: Faculty of Computer Science > Department of Information Systems
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:25
Last Modified: 04 Jul 2024 03:25
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35840

Actions (login required)

View Item View Item