PENGARUH AIDA TERHADAP MINAT BELI PADA IKLAN TIK TOK PRODUK SKINCARE SOMETHINC

INDRAWATI, NAWANG WULAN SRI (2023) PENGARUH AIDA TERHADAP MINAT BELI PADA IKLAN TIK TOK PRODUK SKINCARE SOMETHINC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - COVER_a.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB)
[img] Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - DAPUS_a.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
19.D1.0147 - Nawang Wulan Sri Indrawati - LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)

Abstract

Pemanfaatan platform media sosial untuk promosi bisnis terbukti sangat menguntungkan. Di antara platform-platform tersebut, Tik Tok menonjol sebagai sarana yang sangat menjanjikan untuk upaya pemasaran. Somethinc menggunakan Tik Tok sebagai platform periklanan untuk produk perawatan kulit dan kosmetik mereka. Somethinc merupakan perusahaan daerah yang memproduksi perawatan kulit, kosmetik, dan aksesoris kecantikan. Somethinc telah mengadopsi pendekatan pemasaran yang menekankan pada pemasaran visual dalam feed Instagram. Pemasaran visual merupakan strategi efektif yang digunakan merek untuk menarik perhatian pelanggan melalui pemanfaatan berbagai elemen visual seperti infografis, film, dan citra merek. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap minat beli pada iklan produk skincare Somethinc. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap niat beli pada iklan Tik Tok produk skincare Somethinc. Dalam proses pengumpulan data diperoleh dengan metode kuesioner. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah perempuan pengguna platform media sosial Tik Tok. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel attention (X1), interest (X2), Desire (X3) dan Action (X4) secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat beli (Y) artinya sebesar 84,3%, menunjukkan bahwa AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) mampu menjelaskan minat beli. Semakin tinggi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) maka minat beli semakin tinggi. sedangkan sisanya sebesar 15,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang digunakan dalam penelitian ini. Saran yang dapat dipertimbangkan untuk perusahaan adalah memprioritaskan umur panjang perusahaan, reputasi positif, dan penyediaan rekomendasi produk inklusif. Dengan melakukan hal ini, Somethinc dapat secara efektif memenuhi kebutuhan pasar sasarannya dan mencegah mereka mencari solusi lain yang ditawarkan oleh produk pesaing. Kata kunci : AIDA, Minat Beli, Iklan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 659 Advertising and public relations
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 15 May 2024 04:54
Last Modified: 15 May 2024 04:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35465

Actions (login required)

View Item View Item