INOVASI KEMASAN PRODUK MOLI KITCHEN

SISWANTO, LIEM, MARCELLINO (2024) INOVASI KEMASAN PRODUK MOLI KITCHEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- COVER_a.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- BAB I_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- BAB II_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- BAB III_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB)
[img] Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- DAPUS_a.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
19.D1.0038 - Liem, Marcellino Siswanto- LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)

Abstract

Adanya permasalahan pada Moli Kitchen yang dapat dilihat dari trend penurunan penjualan, membuat Moli Kitchen perlu untuk melakukan inovasi desain kemasan produknya. Inovasi desain kemasan produk dilakukan dengan berdasarkan tahapan pengembangan inovasi sesuai teori Kuczmaski. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan inovasi kemasan produk Moli Kitchen. Inovasi kemasan dilakukan dengan teori Kuczmaski yang terdiri dari needsand-wants exploration, idea generation, concept development, business analysis, screening, prototype development, plant scale-up, market testing, commercialization, dan postlaunch checkup. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang pemilik Moli Kitchen, dan konsumen Moli Kitchen di Kota Semarang yang melakukan pembelian 2 kali dalam sebulan terakhir. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan proses inovasi kemasan rice bowl Moli Kitchen secara keseluruhan maka dapat ditarik kesimpulan adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan kemasan tidak mudah rusak dan kemasan lebih tebal, serta kemasan yang mudah dipegang, kokoh dan tidak mudah tumpah. Berdasarkan kebutuhan konsumen tersebut, dibuat dua ide yang dijadikan prototype kemasan yaitu desain bentuk trapesium dan desain bentuk bundar dengan bahan kertas yang lebih tebal dan untuk bentuk bundar ada penutupnya. Dari market testing didapatkan bahwa lebih banyak konsumen yang menyukai desain bentuk trapesium. Produk kemasan yang baru sudah sesuai dengan keinginan konsumen, yang dibuktikan dengan seluruh repsonden menyatakan bahwa produk kemasan baru sudah sesuai dengan keinginan. Kata Kunci : inovasi, kemasan, makana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > Business Performance
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Ms Cristina Mayasari
Date Deposited: 15 May 2024 01:54
Last Modified: 15 May 2024 01:54
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35454

Actions (login required)

View Item View Item