Search for collections on Unika Repository

THE IMPLEMENTATION OF POLITENESS PRINCIPLES IN THE JAVANESE REQUESTS PERFORMED BY DAWEAN RESTAURANT EMPLOYEES, THEIR EMPLOYERS, AND CUSTOMERS IN KUDUS

GOEI, SEBASTIAN HANSZEL (2024) THE IMPLEMENTATION OF POLITENESS PRINCIPLES IN THE JAVANESE REQUESTS PERFORMED BY DAWEAN RESTAURANT EMPLOYEES, THEIR EMPLOYERS, AND CUSTOMERS IN KUDUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - COVER _a.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - BAB I _a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - BAB II _a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - BAB III _a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - BAB IV_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - BAB V_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img]
Preview
Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - DAPUS_a.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
20.J1.0018 - SEBASTIAN HANSZEL GOEI - LAMP_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam percakapan sehari-hari, tindak tutur permintaan merupakan tindak tutur yang paling sering digunakan oleh penutur. Mengingat bahwa permintaan adalah tindak tutur yang memiliki efek dipaksakan kepada orang lain; orang harus menggunakan strategi yang tepat saat menggunakannya. Penelitian ini menyelidiki strategi kesantunan yang digunakan oleh pemilik, karyawan, dan pelanggan Rumah Makan Dawean saat menggunakan permintaan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi tersebut. Responden dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari pemilik, karyawan, dan pelanggan rumah makan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara merekam percakapan yang terjadi dan penulis membutuhkan waktu selama 2 bulan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis dengan menggunakan CCSARP (CrossCultural Speech Act Realization Pattern) oleh Blum-Kulka dan Olshtain. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan responden adalah bad on record, negative politeness, dan off record. Terlebih lagi, pemilihan strategi oleh para responden sangat dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu usia, status sosial, dan kedekatan antara pembicara dan pendengar. Selain itu, dari tingkatan prinsip kesantunan Brown dan Levinson, penulis dapat menyimpulkan bahwa orang Jawa cenderung berterus terang dalam hal permintaan. Namun, jika mereka ingin menunjukkan keramahan dan menghindari permintaan yang menyinggung, mereka cenderung menggunakan permintaan tidak langsung dan bukan kesantunan positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Personality
300 Social Sciences > 330 Economics > Labor Economics > Labor Productivity
Divisions: Faculty of Language and Art
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 14 May 2024 06:42
Last Modified: 14 May 2024 06:42
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35439

Actions (login required)

View Item View Item