NIRWANA, DANIEL OKSHA PUTRA (2024) PENGARUH UNGGAHAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @UPPD.DEMAK TERHADAP KESADARAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-COVER_1.pdf Download (903kB) | Preview |
|
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) |
||
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (918kB) |
||
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
||
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
||
|
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-DAPUS_1.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text
21.M1.0079-Daniel Oksha Putra Nirwana-LAMP_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Target penerimaan pajak yang ditetapkan pemerintah dari tahun ke tahun masih belum tercapai. Hal ini didukung oleh tingginya jumlah wajib pajak di Kabupaten Demak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepatuhan pajak, termasuk kesadaran wajib pajak. Wajib Pajak dapat diubah melalui pendekatan persuasif, seperti menyebarkan pesan melalui media massa, termasuk media sosial, untuk memenuhi kewajiban perpajakan. Unit Pengelola Pendapatan Daerah (UPPD) Demak menggunakan Instagram untuk mempengaruhi kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan cara menyampaikan pesan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak unggahan pesan instagram akun @uppd.demak terhadap kesadaran wajib pajak yang mengikuti akun tersebut dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah purposive sampling untuk mengumpulkan data dari 95 orang yang mengikuti akun Instagram @uppd.demak. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil uji hipotesis, nilai t hitung adalah 12,011, dan hasil perhitungan koefisien determinasi mendapatkan hasil sebesar 0,780 atau 78%, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pajak. Kata Kunci : komunikasi, persuasif, kesadaran wajib pajak, unggahan, media sosial, instagram
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 10 May 2024 04:35 |
Last Modified: | 10 May 2024 04:35 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35389 |
Actions (login required)
View Item |