DEWI, MELLISA PURNAMA (2024) STRATEGI BRANDING KAMPUNGWISATA TAMANSARI YOGYAKARTA DALAMMENGEMBANGKAN POTENSI WISATA HERITAGE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-DAPUS_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0075-MELLISA PURNAMA DEWI-LAMP_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti mengenai Strategi branding Kampung Wisata Tamansari, Kampung Wisata Tamansari terletak di kelurahan Patehan, Kraton Yogyakarta pada Daerah Istimewa yogyakarta. Strategi branding adalah suatu upaya untuk membangun citra atau identitas merek yang kuat dan konsisten dalam benak konsumen atau pengunjung. Strategi branding bertujuan untuk membedakan produk atau jasa dari pesaing, meningkatkan kesadaran merek, dan membangun loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi branding kampung wisata dalam mengembangkan potensi wisata heritage. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan ketua kelompok Sadar wisata yaitu bapak tantyo dan juga kepala kelurahan patehan bapak sigit, wawancara tersebut diolah melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kampung Wisata Tamansari telah melakukan tahapan branding destination , Strategi branding dan juga manajemen branding dalam usahanya menjadi kampung wisata berbasis heritage. Berdasarkan hasil kegiatan tersebut maka ditemukan bahwa strategi branding yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan hotel, melakukan kegiatan yang berbasis sejarah seperti kegiatan membatik, melukis dan juga ritual minum teh, melakukan uji kompetensi untuk SDM dan juga berencana untuk membuka event kuliner malam di pasar ngasem adalah bentuk strategi yang digunakan. Hal tersebut juga menjadi bagian dari pengembangan potensi wisata heritage di kota Yogyakarta. Kata Kunci: Kampung Wisata Tamansari, Wisata Heritage, Branding destination, management branding, potensi wisata Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:32 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:32 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35370 |
Actions (login required)
View Item |