ANGELIQUE, LOURENSIA (2024) LAYANAN INFORMASI PUBLIK PPID KPU PROVINSI MALUKU PADA PENYELENGGARAAN TAHAPAN PEMILU 2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-COVER_1.pdf Download (980kB) | Preview |
|
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-DAPUS_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0065-Lourensia Angelique-LAMP_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Layanan informasi yang kurang maksimal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pemilihan umum (Pemilu). Bentuk layanan informasi publik tersebut dapat berupa penyediaan informasi secara langsung dan tidak langsung yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Dalam pelaksanaannya, PPID KPU Provinsi Maluku belum secara maksimal menjalankan tugas dalam menyediakan informasi publik mengenai penyelenggaraan tahapan pemilu 2024. Hal tersebut berdampak pada pemenuhan akan hak kebutuhan informasi public bagi masyarakat menjadi kurang optimal. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dengan Ketua KPU dan PPID KPU, observasi tidak langsung pada media daring, pendokumentasian layanan informasi publik yang dimiliki. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa penyampaian layanan informasi publik terkait tahapan pemilu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, memenuhi kebutuhan informasi mengenai kebijakan publik, meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesibilitas publik, serta memenuhi tugas PPID sebagai pelayan informasi publik. Melalui hasil tersebut terdapat kesimpulan yang menyatakan bahwa layanan informasi publik PPID KPU Provinsi Maluku pada tahapan penyelenggaraan pemilu 2024 masih belum dijalankan secara maksimal karena masih terkendala oleh ketersediaan data yang kurang, jumlah staf yang sedikit dan adanya tumpang tindih tugas PPID dalam memberitakan informasi publik. Kata kunci : Tahapan Pemilu, layanan informasi publik, PPID, KPU
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 08 May 2024 04:21 |
Last Modified: | 08 May 2024 04:21 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35367 |
Actions (login required)
View Item |