WIJAYA, NATHANIA AUDIE (2023) TAHAPAN DESTINASI BRANDING DESA WISATA PONGGOK SEBAGAI DESA WISATA AIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-DAPUS_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
20.M1.0062-NATHANIA AUDIE WIJAYA-LAMP_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Destinasi branding merupakan kegiatan pemasaran yang mendorong terbentuknya nama, logo, tagline, teks, maupun grafis yang berfungsi untuk membedakan satu destinasi dengan destinasi lainnya. Destinasi branding memiliki lima tahapan antara lain, market investigation and analysis strategic recommendation, brand identity development, brand launch and introduction: communicating the vision, brand implementation, dan monitoring evaluation dan review. Salah satu destinasi wisata yang telah menerapkan tahapan destinasi branding adalah Desa Wisata Ponggok. Oleh karena itu, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tahap destinasi branding Desa Wisata Ponggok sebagai desa wisata air. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengumpulan data wawancara dilakukan kepada tiga narasumber antara lain, BUMDes, Pokdarwis, dan Ponggok Creative (Pongcrea) Desa Wisata Ponggok. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Desa Wisata Ponggok telah melaksanakan kelima tahap destinasi branding yaitu memetakan potensi wilayah dengan cara tracking GPS dan kebutuhan pengunjung dengan melihat review Google, membuat logo dan tagline “Di Ponggok aja”, membuat konten pada media sosial, membentuk sistem kelembagaan, dan melakukan evaluasi rutin setiap tiga bulan. Dapat disimpulkan bahwa hal terpenting dalam tahap destinasi branding yaitu pemetaan potensi wilayah dan kebutuhan pengunjung, evaluasi rutin terhadap kegiatan branding yang dilakukan, dan membentuk sistem kelembagaan untuk mengelola sebuah destinasi pariwisata. Kata kunci: Desa Wisata Ponggok, Destinasi Branding, Tahapan Destinasi Branding
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Law and Communication > Department of Communication Science |
Depositing User: | Ms Cristina Mayasari |
Date Deposited: | 08 May 2024 03:02 |
Last Modified: | 08 May 2024 03:02 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35365 |
Actions (login required)
View Item |