PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN HEWAN QUOKKA SEBAGAI MEDIA PENGETAHUAN ANAK

TANIA, CINDY (2023) PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI PENGENALAN HEWAN QUOKKA SEBAGAI MEDIA PENGETAHUAN ANAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA.

[img]
Preview
Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - COVER.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img]
Preview
Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA - DAFPUS.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
19.L1.0011 - CINDY TANIA -LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Di seluruh dunia terdapat banyak sekali spesies hewan dari berbagai famili yang tersebar di segala benua termasuk hewan yang terancam punah. Berdasarkan WWF, sekitar lebih dari 480 hewan asli Australia telah terancam punah. Dari sekian banyak mamalia terancam punah di Australia, dipilihlah quokka untuk perancangan buku ilustrasi karena keunikannya yang selalu terlihat tersenyum membedakannya dari hewan terancam punah lainnya yang ada di Australia. Di Indonesia masih sangat kurang dalam faktor yang memengaruhi kebahagiaan, termasuk kebahagiaan anak. Anak-anak di Indonesia yang sebelum pandemi sudah mengalami krisis pembelajaran yang cukup parah, setelah mengalami pandemi anak-anak yang sudah memiliki performa yang tinggi pun semakin mengalami penurunan dalam performanya. Oleh karena itu,tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sebuah buku ilustrasi sebagai media pengenalan quokka kepada anak usia 6-12 tahun. Sebagai buku ilustrasi yang berwarna, diharapkan anak-anak dapat lebih berminat membaca dan quokka dapat mulai dikenali terutama keunikannya tanpa harus menemuinya secara langsung dan dapat menularkan keceriaan yang ditunjukkan oleh quokka keanak-anak. Dalam pengumpulan data sebagai dasar pembuatan buku ilustrasi ini, dilakukan penyebaran kuesioner ke anak-anak usia 6-12 tahun dan dari kuesioner tersebut diketahui anak-anak cenderung suka membaca terutama buku cerita setidaknya di bawah 1 jam sehari dan tertarik jika ada buku ilustrasi kartun tentang quokka. Informasi yang menjadi konten dalam buku berasal dari hasil studi literatur dan observasi online. Buku ilustrasi ini menyampaikan informasi melalui sebuah alur cerita yang dilengkapi oleh ilustrasi bergaya kartun yang lucu dengan warna vibrant sehingga anak-anak tertarik untuk membaca dan informasi tersampaikan dengan baik. Kata Kunci: buku ilustrasi, anak, quokka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 371 Special education
700 Arts and Recreation > 720 Architecture > Visual Communication
Divisions: Faculty of Architecture and Design > Department of Visual Communication Design
Depositing User: Ms Dewi Soelistyowati
Date Deposited: 05 May 2024 12:51
Last Modified: 05 May 2024 12:51
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35311

Actions (login required)

View Item View Item