Sidabalok, Hotmauli (2023) Pemetaan Sistem Pendukung Komunitas Berkelanjutan Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang. Project Report. Soegijapranata Catholic University. (Unpublished)
|
Text
Laporan Penelitian Sekolah Ar-Ridho publik_A.pdf Download (748kB) | Preview |
Abstract
Keterlibatan dan peran serta masyarakat menjadi catatan penting untuk menjamin keberlanjutan perlindungan lingkungan. Inisiatif perlindungan lingkungan yang berangkat dari kesadaran masyarakat lebih memberi dampak positif karena umumnya terimplementasi berdasarkan pengalaman yang mendukung kebutuhan masyarakat di tingkat lokal. Misalnya praktek yang dilakukan seperti pengolahan sampah rumah tangga, bank sampah, panen air hujan, sekolah alam, dan lain sebagainya. Upaya penanganan perubahan iklim yang masif membutuhkan peran serta dan keterlibatan masyarakat yang tidak saja dilakukan sementara tetapi berkelanjutan. Tidak saja dilakukan secara perorangan tetapi juga meluas pada komunitas, dan lintas generasi. Sekolah alam adalah contoh komunitas yang melakukan aktifitas pendidikan dengan konsep perlindungan alam sekaligus memberi kesadaran terus menerus pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sistem pendukung komunitas yang berkelanjutan yang dilakukan di Sekolah Alam Ar-Ridho Semarang. Penelitian ini menggunakan metode observasi langsung di lapangan, wawancara ke pihak-pihak terkait, serta FGD. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan sistem pendukung komunitas yang berkelanjutan di sekolah ini. Sekolah memberikan ruang bagi civitas akademikanya untuk beruji-coba dengan alam, sekaligus penyelenggara sekolah juga melakukan hal-hal alami berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan air, pengolahan limbah air dan sampah, serta pertanian regeneratif. Komunitas berkelanjutan Sekolah Alam Ar-Ridho terbentuk karena sistem pendukung yang baik yang terdiri dari implementasi nilai-nilai agama yang kuat untuk mempertimbangkan alam dalam aktifitas kegiatan belajar mengajar. Sistem pendukung tersebut adalah: nilai-nilai yang dianut komunitas yaitu pilar akhlak karimah, pilar kepemimpinan, pilar logika ilmiah dan pilar bisnis. Keempat pilar ini diimplementasikan dalam kurikulum dan proses pembelajaran yang khas (BBA, BBK, SASS, Bahasa Bunda), infrastruktur sekolah, dan dukungan masyarakat. Kata kunci: komunitas berkelanjutan, kesadaran lingkungan, Sekolah Alam Ar-Ridho, gerakan perlindungan lingkungan
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 340 Law > 348 Laws, regulations & cases 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > Ecology |
Divisions: | Graduate Program in Environment and Urban Studies |
Depositing User: | Ms Hotmauli Sidabalok |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 06:07 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 06:07 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35090 |
Actions (login required)
View Item |