SETIAWAN, JONATHAN CALVIN (2023) ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL INVESTASI DAN RASIO FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTOR MUDA. Masters thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - COVER_a.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (520kB) |
||
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (988kB) |
||
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
||
|
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - DAPUS_a.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
20.G3.0017 - Jonathan Calvin Setiawan - LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pengaruh media sosial terhadap keputusan investasi selain menyediakan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan keputusan investasi juga membawa bias perilaku yang termasuk dalam perilaku keuangan. Informasi dari media sosial membawa bias emosional karena ada keterkaitan antara informasi media sosial dan emosi. Saat menerima informasi media sosial, investor cenderung berperilaku mengikuti kelompok daripada memutuskan secara independen berdasarkan informasi pribadi mereka sendiri. Untuk itu, dibutuhkan analisis fundamental sebagai penyeimbang bagi investor irrasional agar tidak selalu terpaku pada informasi media sosial. Pengaruh analisis fundamental terhadap keputusan investasi meskipun berfungsi sebagai analisis investasi jangka panjang juga memiliki bias yang mempengaruhi hubungan diantara keduanya. Dalam pengaruh analisis fundamental, investor dipengaruhi oleh bias kognitif dimana seorang investor yang seringkali berpikir irasional juga memperoleh informasi analisis fundamental dari media sosial namun bias kognitif membuat investor hanya melihat informasi analisis fundamental yang dibagikan di media sosial tanpa melakukan analisis secara keseluruhan. Untuk itu, dibutuhkan keseimbangan informasi dari media sosial dan analisis fundamental dalam menentukan keputusan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan analisis fundamental terhadap keputusan investasi melalui perilaku keuangan dengan metode penelitian survei dengan responden investor pasar modal Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner, diproleh sampel sebanyak 344 responden. Penelitian ini memperoleh hasil pengaruh yang signifikan dari media sosial terhadap keputusan investasi; analisis fundamental berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi; media sosial berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan; analisis fundamental berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan; perilaku keuangan berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management > 657 Accounting > Accounting Management |
Divisions: | Graduate Program in Accountancy |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 05:20 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 05:20 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/35066 |
Actions (login required)
View Item |