Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak TK B Di Paud Terpadu Lab Belia Semarang

Kartika, Galuh and Sih Setija Utami, Margaretha and Tanti Utami, Cicilia (2013) Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak TK B Di Paud Terpadu Lab Belia Semarang. Prediksi.

[img]
Preview
Text
2013 - (JURNAL) Pengaruh Metode Cantol Roudhoh Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak TK B D.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak TK B di PAUD terpadu lab belia Semarang. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah anak TK B dengan rentang usia 5-7 tahun. Subyek dalam penelitian berjumlah 12 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperimen dengan desain pretest-postes control group design. Terdapat dua kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kelompopk kontrol. Analisis dalam penelitian ini menggunakan U Mann Whitney test. Analisis U Mann Whitney diperoleh hasil score pretest membaca permulaan pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Z=-1,152 dan nilai p=0,250 (p>0,05). Sedangkan analisis U Mann Whitney diperoleh hasil score posttest membaca permulaan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai z=-3,083 dan nilai p=0,002 (p<0,05). Maka dinyatakan bahwa ada pengaruh signifikan antara score pretest dengan Postest membaca permulaan kelompok ekperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan score membaca permulaan pada kelompok ekperimen yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol, sehingga dapat dikemukakan bahwa kemampuan membaca permulaan pada kelompok yang mendapat metode cantol roudhoh mendapat nilai lebih tinggi dibanding dengan tidak menggunakan metode cantol roudhoh.

Item Type: Other
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Theresia Alvita Saraswati
Date Deposited: 19 Feb 2024 00:14
Last Modified: 19 Feb 2024 00:14
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34685

Actions (login required)

View Item View Item