HARTONO, HENY (2017) A One-Day Workshop on Strategies to Teach in English. Universitas Katolik Soegijapranata.
|
Text
2017 laporan pengab heny.pdf Download (580kB) | Preview |
Abstract
Keberadaan Bahasa Inggris sebagai bahasa global (Crystal,2003) berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan bahasa Inggris di hampir semua aspek bidang kehidupan, termasuk di dalamnya dunia pendidikan. Kesadaran akan pentingnya bahasa Inggris di era globalisasi telah mendorong banyak lembaga pendidikan terutama di tingkat dasar untuk menyiapkan peserta didiknya mahir berbahasa Inggris. Oleh karena itu, banyak sekolah dasar yang menawarkan program dwi bahasa dengan melibatkan penggunaan bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar. Hal ini didasarkan pada pandangan bahwa anak-anak yang belajar di tingkat sekolah dasar ada pada rentang masa emas pembelajaran bahasa kedua atau yang dikenal dengan istilah critical period hypothesis (Ellis, 1998). Namun demikian, penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di sekolah ini menuntut kesiapan sekolah dan tenaga pengajar baik dalam penguasaan bahasa Inggris maupun materi pengajaran yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Tenaga pengajar menjadi salah satu faktor penting penentu keberhasilan program dwi bahasa. Untuk itu, tenaga pengajar perlu dipersiapkan dengan baik. Salah satu upaya untuk mempersiapkan atau meningkatkan kualitas pelayanan guru dalam bidang pengajaran dengan menggunakan bahasa Inggris adalah dengan melalui pelatihan-pelatihan dan lokakarya. Lokarya ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada para guru di SD Kuncup Melati Semarang untuk dapat mengajar dalam bahasa Inggris. Bahwasanya tidak semua guru yang mengajar di program dwi bahasa memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup tinggi menuntut kesigapan pihak sekolah dan pengelola untuk membekali guru dengan strategi mengajar yang tepat dengan memaksimalkan kemampuan berbahasa Inggris mereka (Hartono, 2016). Berdasarkan berberapa poin seperti telah dipaparkan di atas, program yang berjudul A One-day workshop on strategies to teach in English ini diajukan. Diharapkan melalui program ini para guru di SD Kuncup Melati yang menawarkan program dwi bahasa untuk mata pelajaran matematika (math) dan ilmu pengetahuan alam (science) dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas mereka dalam mengajar dengan bahasa Inggris.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | 400 Language |
Divisions: | Faculty of Language and Art |
Depositing User: | Ms Heny Hartono |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:27 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:29 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/34641 |
Actions (login required)
View Item |