METODE TRACING HANDWRITING WITHOUT TEARS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NAMA PANGGILAN PADA SISWA TK B

Anggraini, Fauzia Chafitsa (2014) METODE TRACING HANDWRITING WITHOUT TEARS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NAMA PANGGILAN PADA SISWA TK B. Masters thesis, Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata.

[img]
Preview
Text (COVER)
11.92.0048 Fauzia Chafitsa Anggraini COVER.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11.92.0048 Fauzia Chafitsa Anggraini BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (BAB II Available document only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0048 Fauzia Chafitsa Anggraini BAB II METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text (BAB III Available document only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0048 Fauzia Chafitsa Anggraini BAB III HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV Available document only in Soegijapranata Catholic University)
11.92.0048 Fauzia Chafitsa Anggraini BAB IV KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11.92.0048 Fauzia Chafitsa Anggraini DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis nama panggilan sebelum dan sesudah diberi perlakukan Tracing Handwriting Without Tears (HWT) pada subjek penelitian yang bersekolah di TK B Islam Bunga Teratai Semarang. Hipotesis penelitian ini ada peningkatan keterampilan menulis nama panggilan setelah dilakukan intervensi dengan metode Tracing HWT pada subjek penelitian yang bersekolah di TK B Islam Bunga Teratai Semarang. Subjek penelitian sejumlah 4 siswa dengan rentang usia 5 – 6 tahun yang belum bisa menulis nama panggilannya dengan urutan, bentuk, dan bunyi huruf yang tepat. Penelitian dilakukan selama 13 kali pertemuan yang terbagi dalam tiga sesi: baseline pertama selama 3 kali pertemuan, intervensi Tracing HWT 7 kali pertemuan, dan baseline kedua selama 3 kali pertemuan. Analisa data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisa kuantitatif yang menggunakan uji KruskalWallis menunjukkan peningkatan keterampilan menulis nama panggilan yang signifikan dengan rentang p= 0.007 (p<0.05). Analisa kualitatif menunjukkan huruf bertekstur yang diraba dengan tangan menimbulkan rasa senang dan menjadi penguat pada peningkatan keterampilan. Kesimpulan penelitian yaitu terjadi peningkatan keterampilan menulis nama panggilan setelah menggunakan metode Tracing HWT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > Educational Psychology
Divisions: Graduate Program in Psychology > Master of Psychology
Depositing User: Mrs Rikarda Ratih
Date Deposited: 26 Aug 2015 01:20
Last Modified: 26 Aug 2015 01:20
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item