FAKTOR YANG MEMENGARUHI RESILIENSI MAHASISWA DI MASA PANDEMI

HUTAPEA, KATHARINE NIKITA (2023) FAKTOR YANG MEMENGARUHI RESILIENSI MAHASISWA DI MASA PANDEMI. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

[img]
Preview
Text
18.E1.0306-KATHARINE NIKITA HUTAPEA-COVER_a.pdf

Download (753kB) | Preview
[img] Text
18.E1.0306-KATHARINE NIKITA HUTAPEA-BAB _a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
18.E1.0306-KATHARINE NIKITA HUTAPEA-DAPUS_a.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
18.E1.0306-KATHARINE NIKITA HUTAPEA-LAMP_a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)

Abstract

Peralihan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring memunculkan tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Mahasiswa dituntut aktif secara mandiri sehingga tujuan pendidikan tercapai. Namun, harapan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan. Pembelajaran daring menyebabkan banyak mahasiswa merasa tertekan, stres ataupun burnout. Dalam kondisi ini, resiliensi sangat dibutuhkan oleh mahasiswa agar mampu bertahan dan pulih dari kondisi yang sulit seperti pandemi covid-19. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi resiliensi mahasiswa di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam studi literatur ini yaitu studi kepustakaan dan pengumpulan data dilakukan dengan menelusur berbagai jurnal, buku, artikel penelitian melalui Google Scholar, Research Gate, Jurnal Psikologi Ilmiah dengan menggunakan kata kunci: resiliensi mahasiswa, pandemi covid- 19, pembelajaran daring. Hasil menunjukkan bahwa resiliensi mahasiswa dipengaruhi oleh dukungan sosial, self efficacy, religiusitas, kecerdasan emosional, self compassion, dan optimisme

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: mr AM. Pudja Adjie Sudoso
Date Deposited: 12 Dec 2023 00:28
Last Modified: 12 Dec 2023 00:28
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33977

Actions (login required)

View Item View Item