Pelatihan Empati dan Perilaku Prososial pada Anak Usia Sekolah Dasar

SUPARMI, - and SUMIJATI, SRI (2021) Pelatihan Empati dan Perilaku Prososial pada Anak Usia Sekolah Dasar. Psikodimensia, 20 (1). pp. 46-58. ISSN 1411-6073

[img]
Preview
Text
pelatihan empati dan perilaku prososial pada anak usia sekolah dasar.pdf

Download (418kB) | Preview
Official URL: https://journal.unika.ac.id/index.php/psi

Abstract

Perilaku prososial mempunyai dampak positif bagi anak-anak. Namun, masih banyak anak usia sekolah belum mengembangkan perilaku prososial. Kajian literatur menunjukkan bahwa perilaku prososial dapat ditingkatkan melalui pelatihan empati. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pelatihan empati dalam meningkatkan perilaku prososial anak usia sekolah. Riset menggunakan pendekatan eksperimen kuasi atau semu, dengan desain pre-post test. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak kelas 5 dari salah satu Sekolah Dasar di Kota Semarang, baik laki-laki maupun perempuan dengan rentang usia antara 10 sampai 12 tahun, dengan taraf intelektual minimal rata-rata. Pelatihan empati dilakukan sebanyak 4 sesi, setiap sesi berlangsung sekitar 2 jam. Sebelum dilakukan pelatihan, orang tua diminta untuk mengisi lembar informed consent yang menyatakan bahwa orang tua menyetujui dan tidak berkeberatan anak-anak mereka dilibatkan dalam penelitian dengan diberikan Pelatihan Empati. Alat ukur yang digunakan adalah tes Coloured Progressive Matrices (CPM), Skala Perilaku Prososial, dan Skala Empati. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada perilaku prososial sebelum dan setelah diberikan pelatihan empati (t = 4,359; p = 0,000). Pelatihan empati efektif meningkatkan perilaku prososial anak usia sekolah.

Item Type: Article
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 155 Developmental psychology > Children
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Ms Suparmi .
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:48
Last Modified: 11 Dec 2023 06:48
URI: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33973

Actions (login required)

View Item View Item