BHYANTARA, DAYINTA WAHYA and RAHMANTO, BIMO (2023) ANALISIS PEMODELAN ABUTMEN JEMBATAN BENDOSARI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.
|
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-COVER_a.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
|
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-DAPUS_a.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text
18.B1.0106 -DAYINTA WAHYA BHYANTARA -21.B1.0075-BIMO RAHMANTO-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Saat ini banyak sekali pembangunan yang menggunakan lahan-lahan kosong. Namun tidak semua tanah dapat digunakan untuk pembangunan. Tanah memiliki dua kondisi yaitu tanah dalam keadaan normal dan tanah dalam keadaan khusus. Pertimbangan faktor dalam tanah yaitu jenis tanah, daya dukung tanah, parameter tanah, kedalaman tanah keras dan lainnya. Pembangunan jembatan Bendosari didesain untuk pejalan kaki, kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4, menggunakan jenis jembatan gelagar dengan bentang jembatan sepanjang 37,6 meter dan lebar jembatan 4 meter. Kerusakan pada struktur jembatan terindikasi muncul setelah retakan pada permukaan jalan yang lama kelamaan semakin melebar sampai tidak bisa dilewati kendaraan roda 2. Akibat terputusnya jembatan Bendosari menyebabkan delapan rumah yang tidak jauh dari jembatan mengalami rusak dan roboh karena tanah yang ikut longsor. Hasil dari pengujian tanah pada lapangan dan laboratorium mengidentifikasikan tanah silt dan memiliki karakter tanah yang apabila kering keras seperti batu dan sebaliknya apabila terkena air akan menjadi bubur. Pemodelan abutmen pada SAP 2000 yang dilakukan untuk kondisi tanah pada hasil yang sudah diuji adalah memperbesar lebar dimensi abutmen dari 75 cm menjadi 180 cm, dimensi balok anak dari 30 cm x 45 cm menjadi 40 cm x 50 cm, dan balok induk dari 40 cm x 60 cm menjadi 55 cm x 60 cm. Bangunan tambahan lainnya untuk memperpanjang umur dari abutmen dilakukan dengan menambah wing wall yang panjang dan pemasangan pondasi sumuran yang berdiameter 2 m dengan kedalaman 5 m di bawah kaki abutmen
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering > 624 Civil engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | mr AM. Pudja Adjie Sudoso |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 05:18 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 05:18 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33758 |
Actions (login required)
View Item |