SUDARSO, MUTIARA BENA BENITA (2023) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU CELEBRITY WORSHIP PADA MASA DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-COVER_a.pdf Download (763kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
||
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-BAB VI_a.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
|
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-DAPUS_a.pdf Download (547kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0332-Mutiara Bena Benita Sudarso-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Berkembangnya K-Pop di Indonesia memunculkan istilah hubungan parasosial bagi individu dewasa awal, yakni perilaku celebrity worship. Perilaku celebrity worhsip yang dilakukan oleh individu bersifat obsesif dan destruktif sehingga perlu ditelaah lebih lanjut mengenai kecerdasan emosional individu untuk memahami fenomena ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku celebrity worship pada masa dewasa awal penggemar K-Pop. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan emosional dengan perilaku celebrity worship pada masa dewasa awal penggemar K-Pop. Semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki maka semakin rendah pula perilaku celebrity worship pada individu dewasa awal penggemar K-Pop, dan begitu pula sebaliknya. Subjek dalam penelitian ini adalah individu yang berusia 18-25 tahun dan tergabung dalam sebuah komunitas penggemar K-Pop. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 162 orang. Alat ukur yang digunakan untuk penelitian ini merupakan Celebrity Attitude Scale dan Wong And Law Emotional Intelligence Scale (WLEIS). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment. Hasil uji korelasi pada penelitian ini didapatkan nilai rxy = -0,195 dengan p < 0,01, artinya terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku celebrity worship pada masa dewasa awal penggemar K-Pop. Adapun pengaruh efektif kecerdasan emosional terhadap perilaku celebrity worship pada masa dewasa awal penggemar K-Pop sebesar 3,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah perilaku celebrity worship pada individu dewasa awal penggemar K-Pop dan begitu pula sebaliknya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 03:34 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33740 |
Actions (login required)
View Item |