ROSSA, RAINA ADELIA (2023) HUBUNGAN ANTARA NEED TO BELONG DENGAN FEAR OF MISSING OUT (FoMO) PADA REMAJA PENGGEMAR K-POP PENGGUNA MEDIA SOSIAL. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-COVER_a.pdf Download (946kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-BAB I_a.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-BAB II_a.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-BAB III_a.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
||
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-BAB IV_a.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-BAB V_a.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-BAB VI_a.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
|
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-DAPUS_a.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0208-Raina Adelia Rossa-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan antara need to belong dengan fear of missing out pada remaja penggemar K-pop pengguna media sosial khususnya Twitter di Kota Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Terdapat hubungan positif antara need to belong dengan fear of missing out.” Semakin tinggi need to belong maka semakin tinggi pula kecenderungan individu mengalami fear of missing out, begitu juga sebaliknya. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah penggemar K-pop yang berdomisili di Kota Semarang, berusia 18-22 tahun, aktif menggunakan Twitter, dan tergabung dalam sebuah kelompok komunitas (fandom) tertentu. Jumlah keseluruhan subjek penelitian sebanyak 164 penggemar. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan skala fear of missing out (FOMOs) dan skala need to belong (NTBs) yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan analisis data dengan teknik korelasi product moment Pearson diperoleh nilai korelasi rxy sebesar 0,478 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara need to belong dengan fear of missing out pada remaja penggemar K-pop di Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions & drives |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 00:40 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 00:40 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33703 |
Actions (login required)
View Item |