SHELBY, MARSHANDA (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN KARTU ANGKA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 11-20 PADA SISWA DISABILITAS KOGNITIF RINGAN KELAS II SLB NEGERI SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS KHATOLIK SOEGIJAPRANATA.
|
Text
19.E1.0191-Marshanda ShelbyCOVER_a.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0191-Marshanda Shelby-BAB_a.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
|
Text
19.E1.0191-Marshanda Shelby-DAPUS_a.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
19.E1.0191-Marshanda Shelby-LAMP_a.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Siswa disabilitas kognitif memiliki hambatan perkembangan terutama pada akademik yaitu kapasitas yang sangat terbatas, terlebih pada hal-hal yang abstrak, sedangkan mengenal lambang bilangan merupakan suatu hal yang abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya efektivitas dari media pembelajaran kartu angka bergambar dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 11-20 pada siswa disabilitas kognitif ringan kelas II SLB Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukan terdapat perubahan atau peningkatan mean level antara baseline-1 dan baseline-2 sebanyak 38%, mean level yang didapatkan pada fase baseline-1 adalah 30% dan mean level pada fase baseline-2 adalah 68% dan perolehan hasil persentase overlap dari intervensi ke baseline-1 sebesar 0% dan persentase overlap dari baseline-2 ke intervensi sebesar 33%, Hal ini menyatakan bahwa media kartu angka bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 11-20 pada siswa disabilitas kognitif ringan kelas II SLB Negeri Semarang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology > Psychological Testing |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Mr Yosua Norman Rumondor |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 05:24 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 05:24 |
URI: | http://repository.unika.ac.id/id/eprint/33695 |
Actions (login required)
View Item |